Home » , , » Waspadai Penyakit Saat Liburan pada Anak

Waspadai Penyakit Saat Liburan pada Anak


Advertisement


Tips Sehat Berlibur dengan Keluarga
Waktu liburan biasanya akan mengubah pola dan jadwal harian anak anda. Bukan hanya waktu luang yang lebih banyak, namun kondisi lingkungan dan kegiatan yang berbeda saat kegiatan bersekolah juga akan berbeda. Perubahan berpotensi datangnya penyakit pada anak, terutama apabila anda dan keluarga melakukan liburan keluar kota, bahkan keluar Negeri. Penyakit Saat Liburan ini digolongkan pada penyakit yang ringan dan bahkan berat.

Bahaya paling mengancam pada anak ketika berlibur adalah, apabila sampai terserang penyakit yang menular. Dan dari kebanyakan penyakit tersebut disebabkan oleh faktor lingkungan, dan penularan yang dibawa oleh hewan-hewan liar. Terutama apabila anda berlibur di alam bebas seperti perkemahan, sebaiknya anda waspada dengan penyebaran virus Hantavirus yang saat ini sudah sampai ke Amerika. Adapun penjelasan dari masing-masing penyakit Penyakit Saat Liburan diantaranya adalah sebagai berikut:

Penyakit Akibat Penularan Nyamuk

Nyamuk Demam Berdarah Dengue memiliki daerah endemiknya sendiri. Dan semakin berkembangnya transportasi dan mobilisasi manusia, maka dengan cepat nyamuk Aedes aegypti maupun Aedes albopictus, pembawa (vector) virus Demam Berdarah, dan menyebar ke berbagai belahan dunia baik itu perkotaan maupun kawasan pedesaan dan alam bebas. Penyakit Demam Berdarah Mempunyai ciri; Muncul demam tinggi tiga hari, kemudian demam turun, lalu demam naik lagi pada hari ke empat.

Selain Demam Berdarah Dengue penyakit menular lain yang bersumber dari Nyamuk adalah Chikungunya. Gejala penyakit ini hampir sama dengan deman, Namun disertai dengan serangan kelumpuhan di sekujur tubuh. Otot-otot tubuh seperti kehilangan tenaga, karena rasa nyeri yang hebat.

Terjadi Kecelakaan Saat Berlibur

Risiko Kecelakaan tentu akan lebih sering selama Liburan. Bisa di perjalanan, di lokasi tempat berlibur, atau saat bermain di rumah. Untuk itu, anda harus selalu mempersiapkan untuk pertolongan pertama dalam menghadapi segala bentuk cedera yang mungkin terjadi. Selalu siapkan First Aid setiap saat dan dimanapun anda berada, terutama di rumah dan di kendaraan.

Traveller’s Diarrhae

Saat liburan, anak-anak akan lebih banyak menghabiskan waktunya dengan bermain, dan kurang memperhatikan waktu makan dan minum. Untuk itu selalu ingatkan anak anda agar tetap cukup makan dan minum. Jangan sampai anak anda menderita dehidrasi karena terlalu asik bermain. Kondisi lingkungan yang baru dan menu makanan yang baru di tempat berlibur sering menyebabkan anak atau bahkan anda orang dewasa mengalami Traveller’s Diarrhae.

Dan untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya anda memilih makanan yang dimasak dengan benar dan dalam kondisi panas saat membeli. Atau bahkan sebaiknya anda menyiapkan bekal dari rumah, karena tentu makanan yang anda siapkan dari rumah merupakan makanan yang terbaik. Dan untuk mengobatinya, sebaiknya anda juga menyiapkan Oralit pada  Kotak P3K yang sudah anda siapkan.

Gejala Masuk Angin Saat Berlibur

Penyakit Saat Liburan yang sering dialami oleh kebanyakan orang adalah masuk angin. Perjalanan berlibur menggunakan kendaraan pribadi dengan menempuh jarak yang jauh dengan waktu yang lama, terpapar udara dingin, daya tahannya lemah dan kurang darah (anemia) saat berlibur tentu akan meningkatkan Resiko masuk angin.

Gejala dari masuk angin adalah rasa Pegal pada tubuh, tidak enak badan, mual-mual, pusing dan demam. Dan untuk mengatasinya anda harus menjaga tubuh anak agar tetap hangat, misal dengan mandi air hangat, memakaikan baju yang tebal dan memberikan makanan  dan minuman yang hangat.

Kesimpulan:

  • Perubahan Pola Kegiatan, Makanan, waktu istirahat saat liburan mempengaruhi kesehatan pada anak,
  • Demam Berdarah, Chikungunya, Traveller’s Diarrhae dan Gejala Masuk Angin banyak terjadi Saat Berlibur,
  • Memilih makanan dan minuman yang tepat dan menyiapkan Kotak P3K, harus dilakukan saat Berlibur.



Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger