Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Karakteristik Kanker Hati yang perlu anda Ketahui

Gambar Karakteristik Kanker Hati
Kanker Hati adalah jenis kanker terdapat dan muncul dari hati. Kanker ini juga dikenal sebagai kanker hati primer atau hepatoma. Hati terbentuk dari tipe-tipe sel seperti pembuluh-pembuluh darah, dan sel-sel penyimpanan lemak. Hati dibentuk oleh sel-sel hingga 80 persen dari jaringan hati. Hal ini meningkatkan mayoritas kanker-kanker hati primer muncul dari sel-sel hati dan disebut sebagai kanker hepatoselular atau karsinoma. Kanker hati adalah jenis kanker kelima paling umum di dunia dan menjadi penyebab kematian tertinggi ke 3 pada penyakit kanker. Kanker hati bisa membunuh penderitanya dalam waktu satu tahun.

Salah satu macam Kanker hati adalah berasal dari organ-organ lain seperti lambung, pancreas, payudara dan paru-paru yang telah menyebar ke hati. Jenis ini secara khusus disebut sebagai kanker hati metastatic hati sekunder. Jadi, istilah kanker hati bisa merujuk pula pada kanker hati metastatic atau kanker hepatoselular.

Karakteristik Kanker Hati

Berdasarkan data klinis para penderita, kategori kanker hati meliputi:

  1. Karakteristik-karakteristik populasi (demografis), seperti jenis kelamin laki-laki, umur, dan tingkat konsumsi alcohol.
  2.  Nafsu makan yang berkurang dan Kehilangan berat badan.
  3. Terjadi tanda-tanda gangguan fungsi hati, misalnya mengalami perubahan keadaan mental.
  4. Tes-tes darah, seperti tes hati yang meningkat (bilirubin atau transaminase), albumin yang berkurang, kenaikan Blood Urea Nitrogen (BUN), atau serum sodium yang rendah.
  5. Tingkatan tumor diketahui berdasarkan penemuan-penemuan pada operasi. Misalnya, lebih dari satu tumor, tumor lebih dari tiga sentimeter, invasi tumor dari pembuluh-pembuluh darah local (vena portal atau vena hepatic), juga tumor yang menyebar keluar dari hati ke simpul-simpul limpa atau organ-organ lainnya.
Diagnosa Kanker Hati

Diagnosa kanker hati bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti dengan memperhatikan penemuan-penemuan klinis maupun karakteristik-karekteristik patologis. Diagnosa juga bisa dilakukan dengan mengombinasikan elemen-elemen klinis serta patologis. Penentuan tingkatan itulah yang menjadi petunjuk untuk menentukan hasil akhir (prognosis) dan keputusan tentang perawatan bagi pasien KankerHati.

Waktu yang diperlukan untuk penggandaan ukuran tumor adalah berkisar antara 1 – 18 bulan. Hal tersebut menunjukkan bahwa perkembangan tumor akan berbeda pada masing-masing orang. Sehingga sulit untuk melakukan penilaian sejarah alami dan evaluasi dari perawatan pasien Kanker Hati ini.

90 % penderita kanker hati dengan ukuran kurang dari tiga sentimeter biasanya akan bertahan hidup selama satu tahun tanpa perawatan, 50 % untuk tiga tahun dan 20 %  untuk lima tahun. Sedangkan, 30 % penderita kanker hati stadium lanjut akan hidup selama satu tahun, 8 % untuk tiga tahun, dan 0 % untuk lima tahun.

Ringkasan:

  • Kanker hati terbagi menjadi beberapa jenis dan kategori yang berbeda,
  • Diagnosis kanker hati bisa diketahui dengan karakteristik-karekteristik patologis,
  • Resiko hidup penderita kanker hati sangat kecil.

Post a Comment for "Karakteristik Kanker Hati yang perlu anda Ketahui"