Home » , , » Waspada Terhadap Penyakit Flu Tulang di Musim Hujan

Waspada Terhadap Penyakit Flu Tulang di Musim Hujan


Gambar Penyakit Flu Tulang
Penyakit flu tulang adalah salah satu epidemi atau jenis influenza yang diakibatkan oleh virus Parvovirus B19 ditularkan melalui nyamuk Aides Aegypty. Jenis Penyakit flu juga sering disebut dan dikenal sebagai penyakit chikungunya atau demam tulang. Penyakit ini merupakan efek lebih lanjut dari mutasi virus influenza yang lebih kuat dan dalam usaha mempertahankan hidupnya. Penyakit flu tulang atau chikungunya memang tidak menyebabkan kematian, namun dapat menyebabkan kelumpuhan. 

Dikarenakan penyebarannya melalui nyamuk, maka sama seperti penyakit Demam Berdarah, Penyebaran penyakti ini sangat cepat. Kata ‘chikungunya’ berasal dari bahasa Swahili yang berarti posisi tubuh melengkung dan meliuk. Bentuk tubuh penderita Penyakit Flu Tulang biasanya akan membungkuk karena mengalami nyeri sendi yang sangat hebat. Penyakit ini pertama kali ditemukan di daratan Afrika tepatnya di amarinda. Dan pada tahun 2001-2003 Virus Parvovirus B19 diperkirakan telah menginfeksi  3.918 tanpa mengakibatkan kematian terhadap penderitanya.

Gejala Penyakit Flu Tulang

Gejala penyakit flu tulang adalah rasa ngilu di bagian persendian yang terjadi dalam waktu 2-4 minggu setelah anda menderita flu biasa. Ketika malam hari anda akan merasa kedinginan dan pada pagi hari tubuh terasa kaku dan sulit untuk digerakan. Gejala lain penyakit flu tulang adalah muncul bercak-bercak merah pada kulit dan mulut seperti gejala Deman Berdarah, sehingga dibutuhkan pemeriksaan medis untuk kepastian Diagnosa Penyakit Flu Tulang.

Pengobatan Penyakit Flu Tulang

Penyakit flu tulang mengakibatkan rasa nyeri dan ngilu pada persendian sehingga akan terasa sangat sakit jika digerakan. Sebagai proses penyembuhan awal, Anda harus cukup beristirahat, mengkonsumsi obat demam dan lakukan kompres untuk antisipasi kejang demam. Sampai saat ini memang tidak ada obat khusus untuk penyakit flu tulang. Anda hanya perlu memperbaiki sistem kekebalan tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi, hindari makanan yang berlemak tinggi, rokok dan minum kopi. Konsumsi obat flu juga tidak boleh sembarangan, dan sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter keluarga atau dokter umum disekitar rumah anda. Dengan metode pengobatan Alami dan bantuan dokter tersebut, biasanya penyakit ini akan sembuh dalam waktu 7 hari, namun memang rasa nyeri dan ngilu pada sendi akan lebih lama sembuh dengan waktu sekitar 3 minggu.

Pencegahan Penyakit Flu Tulang

Rasa nyeri yang dirasakan tentu membuat anda mengeluh kesakitan, sehingga anda tentu tidak ingin menderita penyakti tersebut atau bahkan mengalami kejadian terburuk yang diakibatkan Oleh virus Parvovirus B19, yaitu Kelumpuhan atau kecacatan. Karena itu, anda harus melakukan pencegahan dengan cara:

  • Menjaga kebersihan lingkungan sehingga nyamuk Aedes Aegypty yang merupakan pembawa virus Parvovirus B19 tidak hidup disekitar anda.
  • Menguras tempat penampungan air seperti bak mandi dan vas bunga minimal satu kali dalam seminggu.
  • Jangan menggantung pakaian didalam kamar, karena nyamuk senang bersembunyi di tempat tersebut
  •  Pastikan sirkulasi udara dan cahaya matahari lancar masuk ke dalam rumah. Dan segera tutup jendela dan pintu ketika matahari terbenam, agar nyamuk tidak masuk ke dalam rumah.
  • Jaga kondisi daya tahan tubuh agar tetap maksimal dengan melakukan pola hidup sehat dan makan-makanan yang bergizi.
Dengan cara-cara tersebut diatas semoga kita terhindari dari penyakit flu tulang. Anda dan keluarga juga tidak perlu begitu panik ketika ada yang mengalami penyakit flu tulang, segera bawa ke dokter dan biarkan penderita beristirahat cukup dan terus awasi agar mereka merasa nyaman dan diperhatikan.

Ringkasan:

  • Penyakit flu tulang diakibatkan oleh virus Parvovirus B19 yang dibawa oleh nyamuk Aides Aegypty,
  • Gejala Flu tulang atau Chikungunya mirip dengan gejala penyakit demam berdarah,
  • Pola hidup sehat dan menjaga lingkungan adalah cara mudah mencegah Penyakit Flu Tulang.


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger