Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perawatan Payudara saat Menyusui Penting di Lakukan


Gambar Perawatan Payudara Ibu Menyusui
Perawatan Payudara saat Menyusui harus mendapatkan perhatian serius, selain agar anda merasa nyaman bayi anda akan tetap sehat. Payudara Ibu Menyusui yang sehat dan terawat, akan melancarkan produksi ASI. Payudara yang terawatt juga akan memperlancar pemberian ASI sehingga menjadi lebih mudah baik bagi ibu maupun buah hati anda. Bagi anda yang belum mengetahui dan belum diberi tahu oleh dokter, dibawah ini informasi cara merawat payudara ibu menyusui:
  1. Gunakan bra yang dapat menyerap keringat, menyangga payudara dengan baik dan tentu tidak sempit. Agar lebih nyaman dan mudah saat memberikan ASI gunakan bra khusus ibu menyusui, yang bisa dibuka tanpa melepas bra.
  2. Bersihkan kedua puting dengan menggunakan air hangat setelah selesai mandi. Hindari penggunaan sabun di bagian putting, karena menyebabkan puting kering, Lapisan puting bisa terkelupas sehingga menimbulkan rasa Nyeri Payudara saat menyusui.
  3. Apabila anda mengalami puting yang sembunyi, cobalah gunakan alat penarik puting (nipple corecctor). Namun, biasanya alat ini membutuhkan waktu hingga beberapa hari bahkan beberapa kasus membutuhkan waktu berminggu-minggu. Permasalahan puting yang sembunyi ini sebenarnya harus diatasi mulai dari awal kehamilan. Yaitu dengan pemijatan dan Perawatan Payudara saat Hamil.
Perawatan lain yang juga bisa anda lakukan adalah dengan pengurutan menggunakan miyak kelapa. Pemijatan dan pengurutan dilakukan disekitar  sekitar aerola untuk mengeluarkan ASI selama 15 – 20 kali putaran. Proses pengurutan ini sebaiknya dilakukan 1-2 hari setelah anda melahirkan.
Ringkasan:
  • Perawatan Payudara saat Menyusui bertujuan untuk menjaga kualitas produksi ASI untuk Bayi,
  • Perawatan dengan Pemijatan sebaiknya dilakukan sendiri, 1-2 hari setelah melahirkan.
  • Untuk Mengatasi Puting tidak keluar, sebaiknya dilakukan selama masih hamil.

Post a Comment for "Perawatan Payudara saat Menyusui Penting di Lakukan"