Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berat Badan Bayi di Bulan Pertama sebagai Tolak Ukur KecerdasanBerat Badan Bayi, Kualitas ASI, Persalinan Normal


Gambar Pengukuran Berat Badan Bayi
Berat Badan Bayi yang meningkat terutama di bulan pertama diketahui berhubungan erat dengan tingkat kecerdasan anak (IQ), saat dirinya bersekolah. Bayi dengan peningkatan berat badan dan lingkar kepala yang cepat cenderung memiliki nilai IQ.

Pernyataan diatas, diperkuat berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh tim dari University of Adelaide, Australia, yang melibatkan 13.800 bayi dengan kelahiran normal. Dari penelitian tersebut diketahui bahwa Bayi dengan kenaikan berat badan naik 40 % di bulan pertama memiliki IQ lebih tinggi, apabila dibandingkan banyi yang memiliki kenaikan berat badan 15 %. Peningkatan berat badan tersebut menghasilkan tingkat IQ 1,5 poin lebih tinggi. 

Dari penelitian tersebut juga diketahui bahwa bayi dengan lingkar kepala yang besar juga memiliki IQ tertinggi ketika berusia 6 tahun. Perlu diketahui bahwa Lingkar kepala merupakan indikator volume otak pada anak-anak. Peningkatan lingkar kepala yang lebih cepat pada bayi menandakan pertumbuhan otak yang lebih cepat. Namun tentu peningkatan ini harus  masih dalam waktu yang normal, bukan dikarenakan suatu penyakit.

Hubungan tersebut bisa dikarenakan struktur saraf yang berkaitan dengan kecerdasan berbahasa berkembang lebih cepat di usia bayi khususnya pada usia satu bulan. Peningkatan berat badan ini sangat tergantung oleh pemberian ASI dari ibu. Proses Persalinan Normal, lebih memungkinkan seorang ibu memberi ASI secara maksimal.


Kualitas ASI juga harus dijaga, dengan pemberian nutrisi yang cukup untuk Ibu Menyusui. Makanan yang bergizi harus lebih diperbanyak, dan diberikan secara teratur dan beragam. Pelaksanaan inisiasi menyusui dini juga penting dilakukan untuk mempercepat pemulihan Ibu setelah melahirkan dan memberikan daya tahan tubuh untuk bayi.

Ringkasan:
  • Berat Badan Bayi yang meningkat 40 % dibulan pertama menjadi indikasi memiliki IQ lebih tinggi,
  • Peningkatan lingkar kepala bayi mengindikasikan peningkatan volume otak,
  • Kualitas ASI mendukung peningkatan kecerdasan bayi.

Post a Comment for "Berat Badan Bayi di Bulan Pertama sebagai Tolak Ukur KecerdasanBerat Badan Bayi, Kualitas ASI, Persalinan Normal"