Home » , , , » Imunisasi Untuk Orang Dewasa Mencegah Penyakin Menular

Imunisasi Untuk Orang Dewasa Mencegah Penyakin Menular


Gambar Imunisasi Untuk Orang Dewasa
Imunisasi Untuk Orang Dewasa (berusia di atas 18 tahun), seperti imunisasi pada anak-anak yang bertujuan untuk mencegah penularan penyakit. Namun memang selama ini banyak orang yang hanya melakukan imunisasi ketika masih anak-anak, karena belum menyadari pentingnya melakukan vaksinasi pada Orang dewasa ini. Dengan melakukan vaksinasi, tubuh orang dewasa akan terlindungi sampai 80%.



Secara umum Imunisasi Untuk Orang Dewasa terbagi menjadi empat jenis vaksin, yang diantaranya adalah: 

Vaksin Hepatitis A 

penyebab Penyakit Hepatitis A adalah virus yang menyerang liver dan menyebar melalui kontak oral dan lingkungan tempat tinggal yang tidak bersih. Pemberian pada Vaksin ini akan membantu tubuh memproduksi antibodi untuk bertahan dari virus hepatitis. Vaksin Hepatitis A dilakukan 2 kali dengan jarak 6 bulan, dan akan bertahan 20 tahun. 

Vaksin Hepatitis B 

berbeda dengan Hepatitis A, penyakit Hapatitis B menular melalu transfusi darah, hubungan seksual, dan penggunaan barang pribadi seperti sikat gigi secara bersama-sama. Penyakit Hepatiti B juga bisa menular dari ibu hamil ke janin. Apabila janin anda terinfeksi Hepatitis B, harus segera disuntik vaksin sehingga antibodi dalam tubuhnya bisa lebih cepat terbentuk.  Vaksin diberikan tiga kali dengan jarak 1 dan 6 bulan, dan akan bertahan sekitar 20 tahun.

Vaksin Pneumonia 

Vaksin ini diberikan untuk mencegah penyakit penumonia (radang paru) yang disebabkan bakteri Streptococcus pneumoniae. Penyakit ini biasanya bercokol pada hidung dan tenggorokan, menyerang saluran nafas bawah dan dapat menular melalui batuk, bersin, bahkan saat  bicara. Penyakit ini biasanya menyerang lansia dengan umur diatas 60 tahun.

Vaksin Influenza 

Gejala awal penyakit influenza adalah nyeri otot, batuk dan demam. Penyakit ini menjadi penyebab kematian 94% pada orang yang meninggal diatas umur 45 tahun. Vaksin Influenza diberikan setiap tahun berbeda dan disesuaikan dengan petunjuk WHO.


Selain dari empat vaksin tersebut diatas, khusus untuk wanita sebaiknya juga melakukan vaksin HPV yang bertujuan untuk mencegah penyakit kanker serviks. Vaksin ini sebaiknya dilakukan pada remaja perempuan yang belum menikah.

Ringkasan:
  • Imunisasi Untuk Orang Dewasa bertujuan untuk menghindarkan dari ancaman penyakit menular,
  • Penyakit menular yang bisa dicegah melalui vaksin diantaranya Hepatitis A dan B, Pneumonia dan Influenza,
  • Vaksin HPV sebaiknya dilakukan oleh wanita untuk mencegah resiko kanker serviks.

Related Posts :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger