Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam Alat Kontrasepsi dan Perbandingan Harga

Harga Alat Kontrasepsi
Macam Alat Kontrasepsi cukup banyak, mulai dari yang murah hingga yang cukup mahal dalam satu kali pemakaiannya. Namun bagi saya apabila dilihat jangka waktu penggunaannya, hasil akhir biaya yang harus dikeluarkan hampir sama. Namun hasil keefektifannya tentu berbeda, dan disebabkan oleh banyak faktor. Sebagai informasi dan pertimbangan bagi anda, yang akan menggunakan alat kontrasepsi dalam program KB, dibawah ini ada enam macam alat kontrasepsi dengan perbandingan harganya:

PIL KB


Pil KB adalah alat kontrasepsi berupa Pil yang dikonsumsi untuk mencegah kehamilan. Harga Pil KB antara merek satu dengan merek lain berbeda, seperti diane 35 isi 21 butir harganya Rp 95.000, Pil Yasmin isi 21 butir harga Rp 137.500, Pil KB cerazzette harga Rp. 120.000, sedangkan microgynon harga Rp.100.000.

KB SUNTIK


KB Suntik bekerja mengentalkan lendir rahim sehingga hampir tidak bisa ditembus sperma untuk pembuahan. Alat Kontrasepsi ini juga mencegah sel telur menempel ke dinding rahim sehingga proses kehamilan tidak terjadi. Harga KB Suntik 1 bulan Rp 25.000 - Rp 30.000, sedangkan KB Suntik 3 bulan adalah Rp 15.000 - Rp 25.000.


KONDOM

Kondom adalah alat kontrasepsi yang digunakan saat berhubungan Badan. Kondom berfungsi untuk menampung sperma yang dikeluarkan, sehingga tidak masuk ke dalam rahim wanita. Harga Alat Kontrasepsi Kondom bervariasi mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 50.000 per bungkus, dengan isi 10 buah.


Intra Uterine Device (IUD)


IUD / KB spiral adalah alat kontrasepsi yang dimasukkan ke dalam rongga rahim yang berfungsi mencegah masuknya sel sperma kedalam rahim. Sebagai contoh, IUD TCu 380A berbentuk batang plastil mirip huruf T, dengan ukuran 3 cm yang dilapisi tembaga.

Harga KB Spiral masih terjangkau apabila dibandingkan dengan alat kontrasepsi lain yang harus dilakukan setiap bulan. Adapun Biaya IUD untuk 5 tahun adalah sekitar Rp 500.000,-, Sedangkan untuk jangka waktu 10 tahun sekitar Rp. 800.000,-.

Susuk KB 


KB Implan adalah metode kontrasepsi yang diletakkan di bawah kulit lengan tangan biasanya bagian atas dibawah ketiak. Harga Susuk KB untuk 1 susuk biayanya sekitar Rp 250.000,-, sedangkan untuk 2 susuk sekitar Rp 100.000 – Rp 150.000 untuk jangka waktu tiga tahun.

Ringkasan:
  • Macam Alat Kontrasepsi cukup banyak dan penggunaannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda, untuk mencegah kehamilan,
  • Harga Termurah Alat Kontrasepsi adalah Kondom dan Suntik KB, sedangkan yang termahal adalah KB Spiral.

Post a Comment for "Macam Alat Kontrasepsi dan Perbandingan Harga"