Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Zat Gizi untuk Kehidupan Manusia


Gambar Sumber Zat Gizi
Manfaat Zat Gizi tentu sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia. Zat gizi ini bisa didapatkan dari makanan yang dikonsumsi setiap hari. Zat gizi berfungsi untuk mengatur metabolisme tubuh, memelihara dan mengganti jaringan tubuh, mendukung pertumbuhan manusia, dan berperan aktif dalam mekanisme pertahanan  terhadap pengaruh lingkungan disekitar.

Pengelompokan Zat Gizi

Zat gizi dikelompokan berdasarkan fungsi, dan jumlah yang dibutuhkan tubuh serta dan sumber dari zat gizi tersebut. Uraian pengelompokan tersebut, bisa anda cermati sebagai berikut:

1. Pengelompokan Zat Gizi berdasarkan Fungsi

Dari masing-masing jenis gizi memiliki fungsi yang spesifikasi  yang berbeda dan tidak dapat berdiri sendiri.

- Zat gizi sebagai sumber energy

Zat gizi yang terkandung dalam karbohidrat, lemak dan protein berfungsi menggerakkan tubuh dan proses metabolisme tubuh. Ketiga zat gizi juga akan menghasilkan energi untuk bergerak dan aktivitas fisik, dan metabolisme tubuh. Zat Gisi Sebagai sumber energy bisa anda dapatkan pada jenis makanan: nasi dan jagung (karbohidrat); mentega dan margarin (sumber lemak); daging, ikan, dan telur (sumber protein).

- Zat gizi untuk memaksimalkan pertumbuhan dan mempertahankan jaringan tubuh

Sumber Zat gizi seperti lemak, protein, mineral dan vitamin. berfungsi membentuk sel-sel pada jaringan tubuh, untuk menggantikan sel-sel tubuh yang rusak dan mempertahankan fungsi organ tubuh yang masih bagus.

- Zat gizi untuk membantu Metabolisme

Sumber Zat Gizi seperti vitamin, protein dan mineral berfungsi mengatur proses metabolisme di dalam tubuh

2. Pengelompokan Zat Gizi Berdasarkan Jumlah

Berdasarkan jumlah yang dibutuhkan tubuh, zat gizi dibagai menjadi Zat gizi makro (Protein, karbohidrat dan lemak) Pembagian yang kedua adalah Zat gizi mikro (mineral dan vitamin) atau zat gizi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah sedikit. Zat gizi yang termasuk kelompok zat gizi mikro adalah mineral dan vitamin. Zat gizi mikro.

3. Pengelompokan Zat Gizi Berdasarkan Sumber

Pengelompokan Zat Besi berdasarkan sumber terbagi dua (yaitu nabati dan hewani).  Jenis zat gizi ini mudah didapatkan dari beragam jenis buah-buahan, sayuran dan jenis kacang-kacangan, produk  susu, daging, ikan dan telur dan makanan atau cemilan sehat yang lainnya.

Ringkasan:
  • Zat Gizi sangat penting untuk menjaga metabolisme tubuh manusia,
  • Zat Gizi dikelompokan berdasarkan Fungsi Jumlah dan Sumber.

Post a Comment for "Manfaat Zat Gizi untuk Kehidupan Manusia"