Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perlengkapan Kotak P3K untuk Rumah Tangga


Perlengkapan Kotak P3K adalah salah satu hal yang sebaiknya disiapkan dalam rumah tangga. Manusia sebagai makhluk hidup banyak yang tidak menyadari atau melupakan sebuah kenikmatan yang didapatkannya. Diantaranya nikmat sehat, sehingga bagaimana kita bisa menjaga diri kita agar tetap sehat dan bisa beraktifitas normal. Adanya Kotak Perlengkapan P3K didalam rumah, sebagi antisipasi atau pertolongan pertama pada kecelakaan atau sebuah penyakit .

Saat ini banyak dijual berbagai macam dan bentuk tempat obat, sehingga kita harus bisa memilih seperti apa kotak obat yang diperlukan oleh keluarga. Terutama memperhatikan masalah keamanan dan keselamatan untuk anak-anak.

Jumlah obat untuk Kotak  Perlengkapan P3K harus memenuhi jumlah paling sedikit yang harus ada dalam persediaan. Pada beberapa keadaan, obat-obatan ini hanya cukup untuk memulai suatu pengobatan ringan, dan untuk perawatan lebih lanjut pasien harus dibawa ke rumah sakit atau pelayanan kesehatan yang lain.

Cara perawatan Kotak P3K

Perlengkapan Kotak P3K harus selalu terpelihara dan dipantau, agar ketika diperlukan, obat selalu ada dan siap untuk digunakan dan tidak kedaluarsa. Agar lebih mudah, silahkan anda membuat jadwal dalam pemeriksaan, minimal satu bulan sekali. Obat yang hampir habis atau habis harus segera diganti dengan yang baru.

Adapun perawatan lain yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:
  1. Jauhkan semua obat dari jangkauan anak-anak, karena semua obat yang diminum dalam takaran berlebih  akan menjadi racun,
  2. Pastikan agar pada masing-masing obat diberi label dan cara pemakaian yang jelas,
  3. Simpanlah semua obat dan perlengkapan dokter bersama-sama ditempat yang bersih, kering dan sejuk serta bebas dari tikus dan serangga.
  4. Simpan persedian obat-obatan penting agar dapat segera digunakan dalam keadaan darurat. Setiap kali obat dipakai, kembalikanlah ditempat semula.
  5. Lakukan pemeriksaan tanggal kedaluarsa setiap obat. Apabila ada obat yang sudah kedaluarsa atau kemasan rusak, segera ganti dengan yang baru.


Perlengkapan dan Obat Kotak P3K

Kotak P3K sebaiknya berisi beberapa obat dan perlengkapan dokter yang diantaranya adalah:

Pemakaian
Perlengkapan
Jumlah yang disarankan
Untuk Luka-Luka
Kain kasa yang steril dalam boxnya
1 box
Gulungan kasa pembalut ukuran 5 cm dan 10 cm
Masing-masing 2 rol
Plester perekat, gulungan
1 rol
Desinfektan (Seperti Betadin)
1 botol / 60 cc
Alkohol 70%
1 botol / 60 cc
Gunting Bersih (tidak berkarat)
1 buah
Penjepit (pinset)
1 buah
Untuk Mengukur Suhu
Thermometer
1 buah
Untuk menjaga agar perlengkapan tetap bersih
Kantong plastik
Beberapa helai
Untuk panas dan sakit
Paracetamol syrup atau drop untuk anak-anak, paracetamol 500mg untuk dewasa
Syrup 1 botol, tablet 1 strep / 10 tablet
Untuk kehilangan cairan (Dehidrasi)
Bungkusan serbuk campuran atau minuman pereda dehidrasi (Oralit atau yang lainnya)
10 bungkus

Gula pasir dan garam
Masing-masing ¼ kg

Persediaan Perlengkapan Kotak P3K tersebut dalam tabel diatas bisa ditambahkan obat-obatan pribadi anggota keluarga anda, Apabila ada yang membutuhkan. Pastikan obat-obatan tersebut dalam kondisi bagus dan tidak kedaluarsa.  Namun untuk  Pertolongan Pertama pada Luka Bakar yang terbaik adalah cukup dengan mendinginkannya dengan air mengalir (air kran).

Ringkasan:
  • Perlengkapan Kotak P3K sebagai pertolongan pertama ketika ada sebuah kondisi darurat yang membutuhkan pengobatan,
  • Obat-obatan pribadi harus tercantum dalam daftar Obat Kotak P3K,

Post a Comment for "Perlengkapan Kotak P3K untuk Rumah Tangga"