Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mencegah Gangguan Pencernaan Saat Berpuasa


Gangguan Pencernaan Saat Berpuasa sering terjadi apabila seseorang tidak memperhatikan pola makan saat sahur dan buka puasa. Salah satu tips yang ampuh dan bisa anda lakukan adalah dengan konsumsi makanan yang tidak terlalu berlemak saat buka puasa. Menghindari makanan berlemak dan santan ini efektif mencegah gangguan pencernaan.

Saat berbuka dan sahur sebaiknya anda juga tidak makan secara berlebihan, saat buka puasa sebaiknya diawali dengan teh manis. Dan saat sahur cukupi kebutuhan gizi dengan minum susu. Teh manis sebaiknya juga dihindarkan dari menu sahur anda. Hal ini dikarenakan gulanya terlalu mudah diserap sehingga menyebabkan cepat terasa lapar.

Makan secukupnya akan membuat beban lambung tidak terlalu berat sehingga meminimalkan risiko gangguan pencernaan. Terlebih bagi anda yang mempunyai kebiasaan tidur setelah sahur, makan sahur yang tidak berlebihan akan mencegah naiknya asam lambung. Dan memicu perut menjadi buncit.

Bahaya Perut Buncit pada Pria

Perlu anda garis bawahi bagi anda yang mempunyai perut buncit, karena kondisi anda sekarang pemicu masalah kesehatan yang serius. Dalam beberapa penelitian diketahui bahwa Perut Buncit memicu terjadinya obstructive sleep apnea / OSA (henti napas saat tidur) sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung dan gangguan pembuluh darah dan diabetes.

Penelitian yang dilakukan oleh dari Jepang menemukan kesimpulan bahwa pria paling rentan mengalami penumpukan lemak visceral dan resiko OSA yang lebih tinggi dibandingkan dengan wanita. Gangguan OSA ini akan meningkatkan resiko dislipidemia yang ditandai dengan meningkatnya kadar kolesterol dan trigliserida.

Untuk itu bagi anda yang sampai saat ini suka tidur setelah sahur sebaiknya merubahnya. Bukan hanya sekedar untuk   Mencegah Gangguan Pencernaan Saat Berpuasa, namun lebih dari itu, kesehatan anda dimasa depan juga akan terjaga. Untuk menghindari rasa kantuk setelah sahur, anda bisa sholat subuh di masjid, dan apabila memungkinkan pergilah ke masjid dengan jalan kaki.
Ringkasan:
  • Pola makan tidak sehat memicu terjadinya Gangguan Pencernaan Saat Berpuasa,
  • Makan sahur yang berlebihan akan meningkatkan kadar asam lambung,
  • Saat sahur sebaiknya menghindari minum teh manis, karena akan mempercepat rasa lapar. 

Post a Comment for "Tips Mencegah Gangguan Pencernaan Saat Berpuasa"