Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Menyusui saat Berpuasa


Tips Sehat Berpuasa untuk Ibu Hamil dan Menyusui
Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Menyusui saat Berpuasa di bulan Rhamadan, tentu akan menjadi pengalaman yang mengesankan. Terutama untuk Ibu Muda yang baru pertama kali merasakannya. Bukan hanya harus menahan kesabaran dan lapar, namun harus memutar otak, agar nutrisi janin atau bayi tetap terpenuhi. Untuk itu strategi pola makan yang benar saat berpuasa harus diperhatikan, sebagai referensi anda bisa mengikuti beberapa tips seperti dibawah ini:

  1. Porsi makan saat sahur sebaiknya 2 kali lipat, dibandingkan porsi ketika anda belum hamil.
  2. Sayur dan buah sebaiknya menjadi menu yang wajib dikonsumsi ketika sahur dan berbuka puasa. Apabila hal tersebut anda, lakukan tubuh akan terasa memiliki tenaga lebih. Untuk konsumsi buah bisa anda lakukan saat setelah sholat tarawih.
  3. Meski berpuasa makanlah tetap 3 kali. Dengan pola makan ketika berbuka, makan 1 jam sebelum tidur, dan makan ketika anda sahur. Makan sebelum tidur tidak harus dengan nasi, anda bisa menggantinya dengan sereal atau roti.
  4. Tips Berpuasa Ibu Hamil dan Menyusui yang ke empat adalah dengan, memperbanyak minum air putih ketika berbuka puasa. Apabila diperlukan sempatkan minum satu gelas air putih dengan jangka waktu satu jam, sampai sebelum tidur. Hal ini akan lebih maksimal apabila Suami anda juga ikut mengingatkan anda banyak mengkonsumsi air putih.
  5. Istirahat yang cukup untuk ibu hamil dan ibu menyusui, akan menjaga kebugaran tubuh dan memberikan tenaga ketika beraktifitas. Sedangkan untuk ibu menyusui, istirahat cukup akan membuat tubuh kembali bugar (terutama setelah sering terbangun di malam hari untuk menyusui) dan tentu akan menjaga kelancaran produksi ASI.
  6. Konsumsi vitamin dan suplement makanan bagi ibu hamil atau ibu menyusui. Dokter Kandungan biasanya akan memberikan Vitamin yang disesuaikan dengan usia kehamilan. Tetap konsumsi Vitamin tersebut, sebaiknya pada saat sahur sehingga khasiatnya terasa pada siang hari.
  7. Tetap lakukan aktifitas olahraga secara rutin. Yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu berat dan membuat anda mudah haus. Lakukan olahraga ringan seperti senam atau sekedar berjalan santai di pagi hari, minimal dua kali seminggu.
  8. Tips Berpuasa Menyusui dan Ibu Hamil yang terakhir dan yang paling penting adalah dengan Berfikirlah positif dan yakin bahwa anda bisa melaksanakan ibadah puasa Ramadhan sampai penuh.


Bagi Ibu Hamil ini adalah salah satu kesempatan yang memungkinkan anda puasa Rhamadan sampai penuh satu bulan. Karena mungkin ketika saat anda belum hamil, puasa satu bulan penuh akan sulit dilakukan, karena tentu anda terhalang oleh siklus menstruasi. Semoga Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Menyusui diatas dapat membantu anda dalam beribadah di bulan Rhamadan.

Ringkasan:
  • Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Menyusui bisa dimulai dengan mengatur pola makan selama 3 kali sehari,
  • Mengkonsumsi makanan sehat akan menjaga metabolisme tubuh Ibu Hamil dan janin didalam kandungan atau dan juga bayi anda,
  • Berpuasa saat Hamil menjadi salah satu kesempatan Berpuasa Rhamadan Penuh sampai satu bulan.

Post a Comment for "Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Menyusui saat Berpuasa"