Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Sukses Berpuasa untuk Penderita Maag di bulan Ramadhan


Gambar Penderita Maag
Berpuasa untuk Penderita Maag ? Mungkin banyak yang ragu untuk melakukannya, padahal dengan berpuasa penyakit maag bisa sembuh secara alami. Penyakit maag adalah salah satu penyakit usus yang bersifat fungsional atau organik, dan disebabkan karena tidak normalnya kerja otot atau saraf yang mengendalikan sistem pencernaan di dalam perut manusia.

Adapun saraf yang mengendalikan sistem pencernaan meliputi; usus, jaringan saraf tulang belakang dan otak. Sedangkan disebabkan karena adanya kelainan di kerongkongan, usus dua belas jari  atau lambung.

Penyebab Maag adalah seseorang suka makan makanan terlalu pedas, sehingga melukai lambung. Pola makan yang tidak teratur juga menjadi pemicu terjadinya maag kronik.

Gejala Penyakit Maag
Gejala penyakit maag adalah mual, nyeri ulu hati, muntah, cepat kenyang, kembung, sendawa, dan mulut terasa pahit. Adapun Penyakit Maag dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu maag organik (penyakit Maag dengan gejala ekstrim seperti muntah darah) dan maag fungsional.

Apabila Penderita Maag yang berpuasa mengalami gejala maag fungsional, sebaiknya segera membatalkan puasa dan melakukan pemeriksaan ke dokter. Pantangan Makanan untuk penderita Maag saat Berpuasa atau tidak adalah menghindari obat atau jamu-jamuan rematik. Karena apabila anda menderita jenis maag organik akan menyebabkan  kematian.

Manfaat Puasa Bagi Pasien Maag
Penyakit Maag yang sering terjadi disebabkan karena pola makan tidak teratur, kebiasaan makan makanan berlemak / berminyak, minum minuman bersoda / berkafein, atau tingkat stress yang terlalu tinggi.

Maka ketika berpuasa, pola makan penderita maag menjadi teratur, mengurangi kudapan makanan berlemak dan minuman bersoda/ berkafein, serta ketika berpuasa pasien maag akan cenderung bersabar dan mengurangi stres. Memang biasanya pada minggu pertama di bulan ramadhan, penderita maag akan merasa tidak nyaman, tetapi setelah melewati hari tersebut, gejala maag akan menghilang.

Tips Sukses Berpuasa untuk penderita Maag
Tips Kesehatan saat puasa penderita maag lebih lancar, ada beberapa pantangan yang harus dihindari dan ada anjuran yang harus dilakukan. Untuk lebih jelas silahkan cermati Tips Berpuasa untuk penderita Maag dibawah ini:

Pantangan Pasien maag saat berpuasa
  • Hindari konsumsi makanan yang berlemak, digoreng, makanan yang rasanya asam (termasuk buah), Makanan ekstra pedas, makanan olahan, Makanan yang terlalu manis, karbohidrat olahan (roti), Makanan mengandung Gas (sawi, nangka, dan durian), makanan yang merangsang merangsang sekresi ( kopi dan teh), makanan lengket (beras ketan, mie, dodol, maizena, talas dan singkong).
  • Minuman berkafein (kopi, teh, dan soda)
  • Hindari juga Rokok dan Obat-obatan yang memperburuk kondisi peradangan dalam lambung.
Anjuran untuk Penderita Maag agar sehat saat Berpuasa Ramadhan:
  • Apabila anda penderita Maag organic, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, sebelum anda memutuskan untuk berpuasa. Boleh atau tidaknya anda berpuasa tergantung tingkat keparahan penyakit yang anda derita. Biasanya Dokter juga mungkin juga akan memberikan obat-obatan untuk dikonsumsi saat sahur atau berbuka.
  • Jangan melewatkan sahur, dan makan sahur dengan jenis makanan yang bisa dicerna secara lambat oleh tubuh sehingga perut terasa kenyang lebih lama.
  • Konsumsi kurma saat sahur dan berbuka (Kurma adalah jenis makanan yang banyak mengandung serat, kalium, karbohidrat, dan magnesium).
  • Konsumsi kacang almond sebagai sumber protein dan serat. Dan Pisang sebagai sumber kalium, karbohidrat, dan magnesium.
  • Saat berbuka, makan pelan-pelan dalam porsi sedikit dan dilanjutkan setelah Tarawih.
  • Minum susu saat sahur untuk meredakan peradangan di dalam lambung. Dan perbanyak minum saat sahur dan saat berbuka atau malam hari.
  • Konsumsi pepaya matang dan wortel. Hal ini bertujuan untuk membantu mencerna makanan berminyak dan berlemak. Perbanyak juga konsumsi sayur dan buah-buahan yang tidak menjadi pantangan pada penjelasan di atas.
  • Lakukan olahraga ringan untuk merangsang otak memproduksi hormon katekolamin yang berfungsi untuk mengurangi asam lambung, sehingga penyakit maag tidak kambuh saat Berpuasa.
Ringkasan:
  • Berpuasa untuk Penderita Maag sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter sehingga diketahui kondisi tubuh yang sesungguhnya,
  • Pantangan Makanan Penderita Maag saat berpuasa bertujuan agar tidak kambuh di siang hari,
  • Anjuran Pasien Makanan dan Minuman Maag bertujuan agar Pasien Maag tetap fit saat berpuasa.

Post a Comment for "Tips Sukses Berpuasa untuk Penderita Maag di bulan Ramadhan"