Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gangguan Kesehatan Psikologi saat Lebaran


Gangguan Kesehatan Psikologi Shopaholic
Gangguan Kesehatan Psikologi juga bisa ketika mendekati hari raya idul fitri. Gangguan kesehatan tersebut salah satunya adalah sulitnya manahan keinginan untuk berbelanja. Tawaran diskon di semua pusat perbelanjaan sulit ditolak. Alasan kebutuhan yang memang terlalu banyak di hari raya dan memang karena ada uang Tunjangan Hari Raya (THR) sudah anda dapatkan.

Namun apabila anda mulai membeli barang yang tidak diperlukan, bisa dikatakan anda termasuk kelompok shopaholic, atau si gila belanja. Keinginan untuk berbelanja yang sulit dikendalikan bisa menjerumuskan kepada berbagai masalah, baik emosional atau finansial. Berdasarkan penelitian, shopaholic adalah kelakuan menyimpang yang berhubungan dengan nilai materialistis.

Kecanduan berbelanja termasuk saat mempersiapkan lebaran, tidak berhubungan dengan jenis kelamin, kepribadian, usia, atau pendapatan. Namun berhubungan dengan pengelolaan kartu kredit yang buruk. Penderita shopaholic biasanya tidak membayar tagihan kartu kredit tepat pada waktunya dan cenderung mengabaikan penggunaan kartu kredit tersebut.

Penderita Gangguan Kesehatan Psikologi shopaholic juga mengaku lebih segar setelah berbelanja. Mereka beranggapan bahwa berbelanja akan meningkatkan rasa percaya diri dan menunjang reputasi dan penampilan. 

Pengobatan Gangguan Psikologi

Penelitian yang dilakukan di tahun 2005 di Kroasia, mendapatkan hasil bahwa sekitar 2-8% dari populasi dunia mengalami gangguan berbelanja kompulsif. Gangguan Psikologi ini dipengaruhi oleh kondisi mood, kecemasan, dan gangguan makan. Dan untuk mengatasi hal tersebut, bisa dilakukan terapi antidepresan. Gangguan Kesehatan Psikologi ini juga bisa diatasi dengan belajar untuk mengelola kartu kredit, atau bahkan menghentikan penggunaan kartu kredit.

Ringkasan:
  • Gangguan Kesehatan Psikologi yang sering terjadi saat Lebaran adalah sifat boros dalam berbelanja barang-barang yang tidak begitu dibutuhkan,
  • Sifat boros dalam berbelanja dinamakan shopaholic,
  • Gangguan Kesehatan Psikologi shopaholics  bisa diobati dengan terapi antidepresan.

Post a Comment for "Gangguan Kesehatan Psikologi saat Lebaran"