Gangguan Kesehatan Wanita penyebab Sulit Hamil


Reproduksi Wanita
Gangguan Kesehatan Wanita sangat beragam, namun yang tentu tidak ingin dialami adalah gangguan kesehatan yang menyebabkan seorang wanita sulit untuk mendapatkan keturunan. Berdasarkan sebuah penelitian diketahui bahwa sekitar 10-25%  pasangan di Amerika Serikat tidak subur. Dan yang yang menjadi penyebab umum wanita yang tidak subur adalah karena adanya masalah dengan ovulasi (pelepasan sel telur yang sudah masak dan siap dibuahi).

Adapun Gangguan Kesehatan Wanita yang berhubungan dengan masalah ovulasi tersebut adalah:

  1. Sindrom Ovarium Polikistik  (PCOS), adalah kondisi yang menyebabkan kelebihan produksi hormon androgen pada wanita. Gangguan kesehatan reproduksi ini biasanya ditandai dengan siklus menstruasi yang tidak teratur dan sering dikaitkan dengan maslah obesitas dan resistensi insulin.
  2. Menopause dini, adalah berkurang  atau bahkan menghilangnya siklus menstruasi dan menjadi tanda awal habisnya folikel ovarium, yang terjadi sebelum umur 40 tahun.Menopause dini disebabkan karena Penyakit kekebalan tertentu atau pernah melakukan terapi radiasi.
  3. Kerusakan pada saluran telur (tuba), disebabkan karena adanya penyumbatan atau peradangan pada jaringan parut, yang disebabkan oleh infeksi penyakit menular seksual (terutama klamidia), penyakit radang panggul, atau bekas operasi kehamilan ektopik.
  4. Endometriosis, adalah kondisi jaringan rahim tumbuh di luar rahim. Hal tersebut ini biasanya mempengaruhi indung telur, saluran telur, telur, rahim dan bahkan fungsi sperma untuk membuahi sel telur di dalam rahim.
  5. Ovarium jaringan parut, adalah kerusakan fisik pada ovariumnya yang disebabkan oleh operasi untuk menghilangkan kista ovarium. Operasi yang luas atau invasif meningkatkan resiko terjadinya kerusakan jaringan parut ke titik di mana proses ovulasi menjadi tidak sempurna.
  6. Adhesi pelvis, adalah jaringan parut yang terbentuk setelah usus buntu, operasi panggul yang dapat mengganggu kesuburan wanita. Gangguan Kesehatan ini akan mengubah struktur saluran tuba, sehingga mempersulit perjalanan sel telur wanita.
  7. Hipertiroidisme, adalah kondisi kelenjar tiroid yang terlalu aktif, sedangkan tiroid hipotiroidisme, adalah kondisi tiroid kurang aktif. Kedua Gangguan Kesehatan Ovulasi tersebut dapat menyebabkan gangguan kesubutan wanita.
  8. Pengobatan Kanker dengan radioterapi atau bentuk pengobatan kanker yang lain, diketehui juga dapat mengganggu fungsi dari sistem reproduksi pria atau wanita. 
  9. Obat-obatan tertentu dan gaya hidup (minum alkohol, merokok, makanan tidak sehat dan obesitas atau kekurangan berat badan), diketahui juga dapat meningkatkan resiko kemandulan pada wanita. Namun kesuburan wanita masih mungkin kembali ketika konsumsi obat dihentikan.
  10. Usia Wanita di atas 40 tahun akan memiliki jumlah sel telur lebih sedikit dan sulit untuk dibuahi. Pasa usia ini, resiko keguguran juga akan meningkat. Sehingga apabila anda perlu berfikir ulang apabila akan merencanakan kehamilan pada usia ini.

Ringkasan:
  • Gangguan Kesehatan Wanita yang umum menjadi penyebab kemandulan adalah terjadi masalah pada pelepasan sel telur,
  • Gangguan Kesehatan Reproduksi Wanita yang berhubungan dengan Ovulasi akan mengurangi kesuburan wanita.


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger