Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Masalah Kesehatan saat Mudik Lebaran dan saat arus Balik

Masalah Kesehatan saat Mudik Lebaran
Masalah Kesehatan saat Mudik Lebaran harus dicegah agar ketika anda berada di kampung halaman, benar-benar menikmati kebersamaan dengan keluarga besar yang tentu sangat jarang bisa anda rasakan. Saat akan kembali ke tempat perantauan pun kesehatan juga harus dijaga, agar anda tidak sakit dan bisa masuk kerja sesuai jadwal. Masalah Kesehatan tersebut adalah infeksi saluran pencernaan, infeksi saluran pernapasan, infeksi saluran pencernaan, penyakit lama yang kambuh, gangguan kesehatan perjalanan, dan kecelakaan lalu lintas.

1. Infeksi Saluran Cerna (diare, Maag dll)

Diare saat mudik sering terjadi karena, biasanya pemudik makan makanan yang tidak bersih saat perjalanan (baik itu makanan yang dibeli di pinggir jalan atau makanan yang dibawa, namun sudah terkontaminasi oleh debu).  Mereka biasanya juga mengabaikan untuk cuci tangan dengan sabun sebelum makan, sehingga diare sangat mudah berkembang. Agar tidak terkena diare sebaiknya anda menjaga kualitas makanan yang anda konsumsi. Apabila anda menderita maag kronis, sebaiknya jangan berpuasa terlebih dahulu saat mudik.



2. Infeksi Saluran Pernapasan (ISPa)

ISPa terjadi karena debu dan polusi udara di jalanan dan kerumunan orang disekitar anda juga dapat menularkan Gangguan Kesehatan ISPa melalui udara. Untuk menghindari gangguan kesehatan ini anda bisa menggunakan masker saat mudik, terutama ketika berada diluar kendaraan atau apabila anda menggunakan motor.



3. Kambuh atau Perburukan Penyakit yang diderita

rasa Lelah karena perjalanan jauh saat mudik juga meningkatkan resiko kambuhnya atau memperburuk  penyakit yang pernah diderita. Sebelum melakukan perjalanan mudik, sebaiknya anda melakukan cukup terlebih dahulu. Ikuti saran dokter jenis trasportasi yang sebaiknya digunakan dan Minum obat secara teratur.



4. Gangguan Kesehatan Perjalanan
Gangguan yang paling sering terjadi adalah, terjadi pusing, mual, kelelahan serta stres karena macet, mabuk darat, udara atau laut. Untuk menghindari mabuk perjalanan anda bisa menkonsumsi obat anti mabuk sebelum berangkat, hindari banyak makanan berlemah dan berminyak

5. Kecelakaan Lalu Lintas
Kecelakaan lalu lintas yang meningkat tidak hanya menyebabkan luka-luka, bahkan sering juga menyebabkan kematian. Kecelakaan lalu lintas terjadi karena faktor kelelahan, terlalu terburu-buru, dan mengendarai kendaraan terlalu cepat. Agar terhindar dari kecelakaan anda sebaiknya beristirahat maksimal 4 jam sekali. Dan untuk menghindari stres anda bisa membawa buku bacaan atau permainan yang anda sukai. Bawakan juga mainan untuk anak anda, agar mereka merasa bahagia saat diperjalanan meski dalam keadaan macet.


Ringkasan:

  • Masalah Kesehatan saat Mudik dan balik yang sering muncul adalah Infeksi saluran pencernaan, ISPa, penyakit kambuh, gangguan kesehatan perjalanan, dan kecelakaan lalu lintas,
  • Kecelakaan lalu lintas saat mudik bisa dicegah dengan meningkatkan konsentrasi dan istirahat setelah 4 jam perjalanan.

Post a Comment for "Masalah Kesehatan saat Mudik Lebaran dan saat arus Balik"