Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil agar tetap Bahagia

Kesehatan Ibu Hamil

Kesehatan Ibu Hamil biasanya terganggu dengan anggapan kehamilan merupakan tahapan yang penuh dengan ketegangan. Hal ini dikarenakan kehamilan memberikan perubahan pada tubuh yang mungkin terjadi diluar nalar wanita, seperti perubahan berat dan bentuk badan, serta perubahan hormon yang meningkatkan emosional wanita. Wanita hamil memerlukan perasaan bahagia agar terhindar dari ketegangan. Adapun beberapa tips menjaga perasaan Ibu hamil agar tetap cantik, moody, dan sehat adalah sebagai berikut:
  1. Olahraga untuk Ibu Hamil cukup dengan berjalan santai di sekitar rumah, mengayuh sepeda statis 10-15 menit rutin 2 hingga 3 kali dalam satu minggu. Senam Ibu Hamil bisa dimulai saat kehamilan berusia 18-30 minggu. Olahraga dan senam akan akan menambah kebugaran ibu hamil, memudahkan proses persalinan dan mempercepat pemulihan tubuh pasca persalinan.
  2. Diet Sehat dan Seimbang, bisa dilakukan dengan menghindari makanan siap saji dan mulailah mengkonsumsi makanan sehat yang lebih beragam dan bernutrisi (buah-buahan, Sayuran, protein dan lemak pada buah alpukat dan minyak zaitun, biji-bijian, dan beragam jenis kacang-kacangan.
  3. Manjakan Diri, dengan tujuan ibu hamil tetap merasa bahagia dan tidak stress. Ibu hamil akan mengalirkan neo transmitter berupa zat-zat rasa senang yang disalurkan ke janin melalui saluran darah. Sehingga apabila ibu hamil merasa senang, maka janin juga akan merasa senang. Dan apabila Ibu hamil gelisah maka janin juga akan sedih. Ibu hamil yang merasa stres meningkatkan resiko melahirkan bayi premature, bahkan keguguran.
  4. Memperbanyak minum air putih bertujuan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh dan melancarkan pencernaan, sehingga membuat ibu hamil akan lebih berenergi dan merasa bugar. Kurangi minuman yang memiliki kandungan soda dan jus dengan berkadar gula tinggi yang tentu tidak baik untuk pertumbuhan janin. Gantilah dengan minuman susu rendah lemak, serta jus buah alami secukupnya.
  5. Kurangi Kadar Garam pada Makanan, untuk menghindari pembengkakkan pada telapak kaki, pergelangan kaki, jari, hidung, dan wajah saat hamil. Akibatnya, jamak sekali wanita hamil drop rasa percaya diri saat menjalani kehamilan. Konsumsi pisang untuk  membantu metabolisme cairan tubuh dan melawan efek sodium yang bisa menyebabkan penahanan air di dalam tubuh. Potasium yang terdapat pada pisang juga mampu menstabilkan tekanan darah Ibu hamil.
  6. Konsumsi Vitamin yang cukup pada Masa Prenatal, berfungsi untuk mengeliminir rasa malas, lelah, dan perasaan ingin selalu mengemil ibu hamil. Masa prenatal adalah proses tahapan perkembangan janin mulai dari pembuahan sel hingga pembentukan organ tubuh.

Tips terakhir Menjaga Kesehatan Ibu Hamil agar tetap Bahagia adalah dengan Mengurangi Asupan Gula. Hal ini bertujuan untuk menghindari tubuh cepat lelah, mengurangi kebutuhan insulin sehingga pankreas tetap dalam keadaan baik. Menjaga kadar gula darah bisa dilakukan dengan dengan memperbanyak konsumsi protein dan makanan yang mengandung biji-bijian sereal atau whole grain.

Ringkasan:
  • Stress pada Ibu Hamil akan meningkatkan resiko kelahiran prematur, bahkan keguguran pada janin,
  • Agar tetap sehat, sebaiknya ibu hamil melakukan olahraga, Diet seimbang, memperbanyak air putih, konsumsi vitamin, mengurangi garam dan gula.
  • Menjaga Kesehatan Ibu Hamil agar tetap Bahagia bertujuan untuk mengurangi ketegangan dan rasa stress.

Post a Comment for "Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil agar tetap Bahagia"