Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memilih Pembalut Wanita yang Baik dengan 6 cara Mudah


Gambar Cara Pemakaian Pembalut yang Benar
Memilih Pembalut Wanita saat menstruasi tentu bertujuan agar kesehatan organ reproduksi wanita tetap terjaga. Namun kenyataanya, meski wanita sudah mengalami menstruasi sejak uasi remaja, namun masih banyak yang menghiraukan masalah kesehatan pembalut yang mereka gunakan. Kebiasaan memakai jenis pembalut yang disampaikan secara turun-temurun oleh keluarga tidak diketahui baik atau tidaknya. Dan apabila yang digunakan tersebut ternyata tidak baik, tentu akan berakibat buruk terhadap oragan reproduksi wanita tersebut.
  1. Pilih permukaan pembalut yang halus, sehingga tidak menyebabkan iritasi, terutama apabila kondisi sekitar organ vital anda terlalu lembab. Untuk mengurangi kelembaban, anda juga harus memilih pembalut wanita yang mempunyai daya serap tinggi, tidak mengandung pewangi dan tidak terbuat dari bahan yang terlalu padat.
  2. Apabila anda mengalami Alergi atau iritasi saat menggunakan salah satu jenis/merk pembalut, ini bisa disebabkan karena kulit anda tidak cocok dengan bahan, terlalu tebal atau tipis, pewangi, atau bagian “sayap”. Untuk mengatasi hal tersebut, segera ganti dengan jenis/merk pembalut yang lain. Penggunaan sayap pada pembalut, ada yang cocok atau tidak, namun apabila saat anda memakainya terjadi iritasi, silahkan ganti pembalut yang tidak bersayap.
  3. Gunakan pembalut hanya satu kali (jangan mencuci untuk selajutnya digunakan kembali), dan maksimal diganti setelah pemakaian 6-8 jam.
  4. Penggantian pembalut, bisa disesuaikan dengan volume darah yang keluar saat menstruasi. Jika sedang banyak (biasaya awal menstruasi), usahakan mengganti pemakaian pembalut sesering mungkin. Sedangkan di hari-hari terakhir cukup 1 – 2 kali dalam sehari.
  5. Gunakan Pantyliner saat akhir-akhir siklus menstruasi atau saat masa subur. Dan apabila anda ingin menggunakan pantyliner setiap hari, perhatikan kondisi vagina; apakah terjadi ganguan (iritasi, alergi, gatal) atau tidak.
  6. Gunakan pantyliner atau pembalut yang tidak mengandung bahan pewangi, karena akan memicu terjadinya iritasi kulit, terutama bagi pemilik kulit kering.

Langkah Pemakaian Pembalut yang Benar
Setelah mengatahui bagaimana pembalut yang sehat, anda juga harus mengetahui bagaimana penggunaan pembalut yang benar, yang diantaranya adalah:
  • Sebelum memakai pembalut, sebaiknya bersihkan tangan terlebih dahulu. Tarik lapisan pembungkus pembalut sampai lepas dari perekat.
  • Tempelkan sisi pembalut yang berperekat pada bagian tengah celana dalam bagian bawah. Pastikan pembalut yang akan digunakan menempel seluruhnya pada celana dalam, dari ujung ke ujung pembalut.
  • Apabila anda menggunakan pembalut bersayap (wing), lepaskan lapisan pelindung perekat pada sayap tersebut, dan lipat sayap ke sisi luar untuk selanjutnya tempelkan ke samping bawah bagian tengah celana dalam yang akan anda gunakan.
  • Ketika anda ingin mengganti pembalut, tinggal lepaskan sayapnya lalu tarik perekat pembalut agar terlepas dari celana.
  • Sebelum dibuang ketempat sampah, Pastikan mengemas pembalut bekas dengan rapi dengan tisyu dan kemasan pembalut yang akan anda gunakan sebagai pengganti, agar lebih rapi. Jangan membuang pembalut bekas ke dalam toilet karena akan menyebabkan toilet mampet.

Ringkasan:
Memilih Pembalut Wanita yang tidak tepat akan memicu gangguan kesehatan organ reproduksi wanita,
Jangan gunakan pembalut / pantyliner yang mengandung pewangi dan mempunyai permukaan kasar,
Cara Pemakaian Pembalut dimulai dengan menempelkan pada celana dalam.

Post a Comment for "Memilih Pembalut Wanita yang Baik dengan 6 cara Mudah"