Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Tumor Rahim dan Ciri-Cirinya

Tumor rahim adalah jenis tumor jinak yang berkembang pada rahim wanita. Tumor ini sedikit unik karena tidak ditemukan pada wanita yang belum masuk pubertas, dan hampir tidak ditemukan tumbuh menjadi besar pada wanita yang sudah dalam usia menopouse. Tumor Rahim banyak menyerang kelompok wanita berusia sekitar 30 tahun.

Penyebab Tumor Rahim

Tumor Rahim sering dihubungkan dengan stimulasi hormon estrogen terhadap organ rahim. Adapun yang menjadi indikasi menjadi penyebab Tumor Rahim adalah:
  • Ketika berhentinya produksi normal sel-sel di jaringan tertentu.
  • Ketika sesuatu merusak sel normal sehingga sel tersebut tidak lagi mampu berfungsi secara normal.
  • Ketika gen p53 berhenti mengirimkan pesan agar sel-sel tertentu mati pada waktunya (apoptosis). Tumor akan terus berkembang dan merusak sel-sel sehingga tidak mampu berfungsi secara normal.

Gambar Tumor Rahim
Ketiga hal tesebut diatas isebabkan oleh faktor gaya hidup terutama bagi peminum alkohol dan perokok. Penyebab lain tumor rahim adalah karena obesitas (kelebihan berat badan), faktor lingkungan, faktor genetis, radiasi dari sinar matahari atau dari zat-zat kimia. Tingkat stress yang tinggi juga akan memicu munculnya tumor rahim.

Gejala Tumor Rahim

Adapun gejala dari penyakit tumor rahim, adalah sebagai berikut:
  • Terjadi perdarahan pervaginam
  • Keluar cairan abnormal dari vagina,
  • Sering merasa nyeri perut terutama pada awal-awal siklus menstruasi,
  • Perut terasa tertekan,
  • Terasa benjolan keras di bagian perut.

Apabila anda merasakan beberapa gejala Tumor Rahim tersebut, segera konsultasikan kepada dokter. Sehingga masih sangat mungkin disembuhkan dan tidak berkembang menjadi kanker yang lebih ganas. Saat ini Tumor Rahim tidak hanya menyerang wanita berumur, namun wanita dengan usia 20 tahunan, bahkan remaja juga sangat beresiko mengalami Gangguan Kesehatan Reproduksi tersebut.

Pencegahan Alami dan Pengobatan Tumor Rahim

Pencegahan yang bisa dilakukan bagi anda yang berisiko tinggi menderita kanker rahim adalah dengan mengkonsumsi    Kulit Manggis, Daun Sirsak, Bunga Rosella Hitam, atau Madu secara rutin. Pengobatan Tumor Rahim yang paling mudah dilakukan adalah dengan operasi pengangkatan sel-sel tumor tersebut.

Ringkasan:
  • Tumor Rahim lebih banyak ditemukan pada wanita berusia sekitar 30 tahun,
  • Penyebab Tumor Rahim yang utama adalah pola hidup tidak sehat, dan terpapar radiasi.

Post a Comment for "Penyebab Tumor Rahim dan Ciri-Cirinya"