Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menjaga Kesehatan Gigi secara Sederhana


Gambar Menjaga Kesehatan Gigi
Menjaga Kesehatan Gigi biasanya adalah hal yang paling jarang mendapatkan perhatian. Menurut World Health Organization (WHO), sekitar 60-90 % penduduk sebuah negara mengalami gigi berlubang. Dan perlu anda ketahui bahwa gigi berlubang adalah penyebab timbulnya penyakit-penyakit kronis. AdapunTips Menjaga Kesehatan Gigi dan mulut bisa dilakukan dengan hal-hal sebagai berikut:
  1. Gosok gigi minimal dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride. Adapun waktu yang tepat menggosok gigi adalah setelah makan pagi dan sebelum tidur di malam hari. Cara menggosok gigi harus dilakukan dengan benar, yaitu dengan menjangkau seluruh permukaan gigi, dengan gerakan naik turun.
  2. Perbanyak konsumsi air putih, agar kandungan gula dan asam di dalam mulut berkurang.
  3. Konsumsi Susu dan beragam produk olahannya, seperti keju. Jenis makanan ini banyak mengandung kalsium yang berfungsi menyusun mineral hidroxiapatit. Mineral ini akan memperkuat stuktur tulang dan gigi. Produk susu (terutama keju) banyak mengandung kasein yang berfungsi untuk memperbaiki email gigi.
  4. Sekali dalam waktu seminggu, berkumurlah dengan obat kumur yang banyak dijual di Apotek, untuk mencegah terjadinya plak dan karang gigi.
  5. Jangan sembarangan menggunakan pemutih gigi. Apabila anda ingin membuat pemutih gigi alami, bisa menggunakan Buah Strawberi (buah ini mengandung Asam malat merupakan bahan alami pemutih gigi). Adapun cara pembuatannya adalah; hancurkan strawberi dan campur dengan baking soda. Gunakan adonan pemutih gigi alami tersebut untuk menggosok gigi dengan sikat gigi yang biasanya anda gunakan. Agar hasil maksimal, gosok gigi secara perlahan dan diamkan selama 5 menit. Setelah itu berkumurlah dengan air bersih.
  6. Gunakan sikat gigi yang mempunyai bulu sikat yang lembut.
  7. Kurangi makanan yang mengandung gula seperti permen (termasuk permen karet, kecuali permen karet tanpa kandungan gula), atau makanan bertepung, karena jenis makanan ini dapat melekat pada gigi dan memicu gigi berlubang.
  8. Konsumsi banyak makanan berserat, sayur dan buah (apel, wortel, banyak dan seledri) dapat membersihkan gigi dari kotoran. Buah Strawberi. Namun agar gigi tetap sehat, anda harus membatasi konsumsi anggur merah, kopi, teh dan berhenti merokok.
  9. Lakukan pemeriksaan gigi secara rutin maksimal 6 bulan sekali.
Ringkasan:
  • Menjaga Kesehatan Gigi penting dilakukan untuk menghindarkan dari beragam penyakit kronis,
  • Penyebab utama gigi berlubang adalah konsumsi gula berlebihan dan jarang menggosok gigi.

Post a Comment for "Tips Menjaga Kesehatan Gigi secara Sederhana"