Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gejala Wasir dan Cara Pengobatan Secara Alami

Gejala Wasir / Ambeien tentu sangat menyakitkan, karena dapat menyebabkan bengkak atau iritasi di sekitar anus. Wasir atau ambeien adalah terjadinya pembesaran sekelompok pembuluh darah balik (vena) yang berada di sekitar anus (tepat berada di bawah selaput yang membatasi bagian rektum dan anus). Sebenarnya penyakit ini biasanya sembuh sendiri dalam 1 - 2  minggu. Namun, rasa sakit yang dirasakan, tentu membuat banyak orang ingin segera mengobatinya.
Penyebab Wasir / Ambeien yang paling umum adalah Gaya hidup kurang gerak dan pola makan yang kurang serat. Keluhan ini akan meningkat apabila tidak segera mendapatkan pengobatan. Meski tidak menyebabkan kematian, namun wasir penyakit ini dapat mengurangi kualitas penderitanya.
Gejala Wasir
Tanda-tanda penyakit wasir biasanya tidak dapat dideteksi secara dini, karena masih belum menimbulkan gejala yang memberikan pengaruh kesehatan terhadap penderitanya. Namun, apabila anda mengalami tanda-tanda seperti dibawah ini, bisa menjadi indikasi awal penyakit wasir:
  • Rasa panas dan Sakit di anus, biasanya muncul ketika duduk terlalu lama atau Setelah. Hal ini dikarenakan adanya penekanan pada vena yang sudah mulai membesar.
  •  Adanya Tonjolan, yang disebabkan Pembesaran pembuluh darah yang keluar dari anus. Apabila sudah mulai terlihat adanya tonjolan maka wasir sudah memasuki tahap lanjut. Dan apabila tonjolan tersebut masih dapat dimasukan secara spontan ke dalam anus, maka penyakit wasir belum terlalu parah, sudah harus mendapatkan penanganan medis secara intensif.
  • Rasa gatal di anus, dipicu karena adanya infeksi dari luka pada pembuluh darah yang pecah.
Pengobatan Wasir
Pengobatan dini wasir, bertujuan agar penyakit ini tidak bertambah parah sehingga mengurangi kualitas hidupnya. Adapun pengobatan yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut:
  • Gunakan obat penghilang rasa sakit dan anti-inflamasi seperti tablet oral, krim oles atau supositoria anus, gel lidah buaya (aloe vera) yang digunakan di area dubur.
  • Bersihkan area dubur dengan baik setelah BAB dan jangan menggunakan sabun, agar iritasi tidak bertambah parah. Untuk mengeringkan setelah BAB, gunakan tisu yang biasa digunakan untuk bayi.
  • Mengurangi rasa nyeri bisa dilakukan dengan duduk dalam air hangat 3 - 4 kali sehari dengan waktu 10 sampai 15 menit. Dan untuk mengurangi pembekakan, gunakan kantung es atau kompres dingin pada daerah anus dalam waktu 10 menit, 3 - 4 kali sehari.
  • Pilihlah makanan berserat tinggi (sayuran, buah-buahan dan biji-bijian) dan perbanyak minum air putih. Hindari konsumsi teh dan kopi untuk mempercepat penyembuhan wasir. 
  • Apabila dengan metode pengobatan diatas, wasir yang anda derita tidak berkurang segera konsultasikan dengan dokter, untuk mendapatkan penanganan medis.
Ringkasan:
  • Gejala Wasir / Ambeien bisa hilang tanpa pengobatan setelah sekitar 2 minggu,
  • Pengobatan Alami Wasir bisa dilakukan secara alami dan dilakukan secara rutin.

Post a Comment for "Gejala Wasir dan Cara Pengobatan Secara Alami"