Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Menyusui yang Baik dan Benar


Gambar Panduan Menyusui
Sejak usia kehamilan 6-8 minggu anda tentu telah mengalami perubahan pada payudara, yaitu berupa pembesaran payudara yang ditandai  terasa lebih padat, kencang, kadang terasa nyeri, dan gambaran pembuluh darah dipermukaan kulit payudara terlihat lebih jelas. Kelenjar Montgomery daerah areola  tampak lebih nyata dan menonjol. Hal  ini terjadi karena untuk mempersiapkan kemampuan payudara anda, memberikan ASI kepada bayi anda setelah dilahirkan.

Namun persiapan tersebut, nantinya juga harus diimbangi oleh perilaku Menyusui yang tepat juga dari anda. Hal ini tidak lain, untuk menjaga kesehatan bayi anda. Adapun Panduan Menyusui yang baik dan benar untuk anda adalah sebagai berikut:
  • Berikan ASI kepada buah hati dalam keadaan tenang. Sebelum menyusui minumlah terlebih dahulu segelas air, dan sebaiknya hindari menyusui dalam keadaan haus dan lapar.
  • Pilih tempat yang tenang, nyaman, dan Privasi. Apabila anda ingin memberikan ASI dengan posisi duduk, Siapkan kursi dengan sandaran punggung dan tangan. Tambahkan penyangga untuk menopang tangan yang menggendong bayi, sehingga anda tangan anda nyaman dan tidak lelah.
  • Pastikan tangan, puting dan areola anda bersih dan terhindar dari kuman (apabila diperlukan bersihkan dengan air hangat terlebih dahulu). Sebelum memberikan ASI, tekan terlebih dahulu daerah areola dengan telunjuk dan ibu jari sehingga keluar 2-3 tetes ASI. Oleskan tetesan ASI tersebut ke seluruh puting dan areola. Cara terbaik menyusui adalah dengan melepaskan pemakaian BH dari kedua payudara.
  • Berikan ASI sesuka bayi dan tidak perlu dijadwal (biasanya setiap 2-3 jam sekali). Lakukan pemberian ASI dengan kedua Payudara secara bergantian, masing-masing sekitar 10 menit. Dan awali dengan sisi payudara yang terakhir digunakan untuk Menyusui pada sesi sebelumnya.
  • Sebelum Menggunakan Bra, dengan tujuan untuk mencegah luka dan iritasi, setelah selesai menyusui segera oleskan beberapa tetes ASI seperti awal menyusui dan biarkan ASI tersebut kering oleh udara.
  • Panduan Menyusui yang Baik dan Benar yang terakhir adalah dengan menegakan punggung bayi dan dekatkan pada dada ibu supaya bayi bersendawa. Hal ini dilakukan untuk mengeluarkan udara dari lambung sehingga bayi tidak muntah.

Ringkasan:
  • Perilaku Menyusui yang benar bertujuan agar kesehatan bayi tetap terjaga,
  • Panduan Menyusui yang Baik dan Benar harus dipelajari dan diterapkan kepada buah hari anda, sehingga mempunyai daya tahan tubuh yang kuat.

Post a Comment for "Panduan Menyusui yang Baik dan Benar"