Penyakit Gondongan dan Cara Pengobatannya

Gambar Ciri Penyakit Gondongan
Penyakit Gondongan atau parotitis (mumps) adalah penyakit yang disebabkan infeksi virus golongan Paramyxovirus yang terjadi pada kelenjar air liur yang biasanya menyebabkan pembengkakan. Penyakit ini bisa menular melalui kontak erat dengan penderita, melalui percikan (bersin, bicara, ciuman, atau batuk) dan bisa terjadi pada siapa saja (Anak-anak, remaja, dewasa bahkan orang tua).

Gejala Penyakit Gondongan adalah timbul demam,tidak enak badan, sakit kepala, lemas, susah membuka mulut, nyeri di sekitar tenggorokan dan di telinga terutama saat anda menelan ludah, dan terjadi pembekakan di sekitar leher di bawah rahang. Gejala Gondongan ini biasanya akan hilang di hari ke-3 sampai ke-7.

Meski memiliki nama hampir sama, Gondongan sangat berbeda dengan Gondok. Apabila Gondongan disebabkan karena infeksi virus, Penyakit Gondok (goiter) disebabkan adanya gangguan hormon tiroid dan memicu pembengkakan di leher.

Penyebab Penyakit Gondongan

Virus Paramyxovirus menyebabkan reaksi peradangan di kelenjar air liur, sehingga menyebabkan bengkak disekitar leher terutama bawah telinga. Rasa biasanya terjadi saat menelan, dan kemudian gejala ini akan mereda dalam waktu 1 minggu.

Komplikasi Penyakit Gondongan

Penyakit Gondongan memang bisa sembuh sendiri, namun komplikasi sangat mungkin terjadi. Adapun komplikasi yang sering terjadi pada pasien gondongan adalah komplikasi radang selaput otak (meningitis) yang dapat berakibat fatal, radang kelenjar testis anak laki-laki atau radang kelenjar ovarium pada anak perempuan.

Pengobatan Penyakit Gondongan

Pengobatan pasien Gondongan dilakukan secara suportif (hanya untuk menghilangkan gejalanya), karena sebenarnya penyakit ini akan sembuh sendiri meski tanpa pengobatan. Selama penyembuhan pasien harus memenuhi asupan nutrisi dan cairan.

Pencegahan Penyakit Gondongan

Penyakit ini bisa dicegah dengan pemberian imunisasi MMR, Menghindari kontak erat dengan penderita Gondongan, mengisolasi penderita Gondongan. Penyakit Gondongan biasanya hanya terjadi sekali dalam hidup, terlebih apabila daya tahan tubuh baik dengan dengan lebih memperhatikan higiene dan sanitasi.

Ringkasan:
  • Penyakit Gondongan disebabkan karena infeksi virus di kelenjar air liur dan menyebabkan bengkak di sekitar leher,
  • Gondongan bisa memicu terjadinya komplikasi sehingga menjadi penyakit yang berbahaya,
  • Meski mempunyai bentuk yang mirip, namun Penyebab Penyakit Gondok berbeda dengan penyebab Penyakit Gondongan.



Related Posts :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger