Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mengatasi Anak Sulit Makan dan Permasalahannya


Tips Mengatasi Anak Sulit Makan
Mengatasi Anak Sulit Makan bisa menjadi masalah cukup memusingkan bagi sebagaian orang tua. Mereka akan sangat kerepotan, terutama bagi anda yang merupakan keluarga / suami – istri yang bekerja. Anak yang sulit makan tentu akan mempengaruhi kesehatannya. Adapun cara penanganan anak sulit makan, dengan berbagai permasalahan bisa anda perhatikan pada penjelasan di bawah ini:

Makanan Diemut

Penyebab makanan di emut pada anak-anak, adalah karena anak mengalami sakit gigi, sariawan, atau radang tenggorokan, kelainan sensorik pada mulut, gangguan sistem pencernaan, atau bosan dengan makanan yang anda berikan.

Untuk mengatasi hal tersebut, dengan memberikan penjelasan dengan sabar bahwa makanan yang masuk ke mulut harus dikunyah lalu ditelan. Anda juga bisa memberi makanan dengan suapan kecil, menyajikan menu bervariasi dan menarik, hindari makanan dengan rasa dan bau menyengat (dapat memicu rasa mual). Dan yang paling penting adalah hindari memaksa anak mengunyah atau menelan terutama dengan teriakan atau nada keras.

Anak Menolak Makan

Beberapa anak yang menolak makan, bisa disebabkan karena sebelumnya mengalami trauma yang terkait dengan tekstur, rasa, bau atau penampilan makanan sehingga anak memiliki sensitivitas berlebihan terhadap aroma dan rasa makanan.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, bisa dilakukan dengan memberi contoh kebiasaan makan sehat, fokuskan diri saat waktu makan, dengan menyingkirkan mainan atau Mematikan TV, atau berikan variasi makanan yang baru. Selain itu, anda bisa memberi makanan dalam porsi kecil tapi sering. Hindari terlalu banyak minuman manis karena dapat menurunkan nafsu makan, dan kreasikan makanan agar lebih menarik.

Anak Pilih-Pilih Makanan

Permasalahan makanan ini dikarenakan anak sedang belajar mengunyah, sedang mengembangkan selera makan, sedang sakit, atau karena bervariasi atau kurang menarik. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu dikenalkan jenis makan variatif pada anak sesuai pertumbuhannya. Manfaat waktu anak makan bersama untuk menjelaskan manfaat beragam jenis makanan tubuh, dan menciptakan suasana makan yang menyenangkan.

Anak Alergi pada jenis Makanan Tertentu

Penyebab alergi makanan pada akan biasanya disebabkan oleh sistem pencernaan belum matang, dan belum terbentuknya selaput usus dan gerak peristaltic pada usus, yang berfungsi melindungi dan menghalangi alergen masuk tubuh anak.

Untuk mengatasi masalah tersebut, terlebih dahulu harus dicari faktor penyebab melalui tes alergi. Atau bisa dilakukan dengan cara sederhana, yaitu tidak memberikan makanan secara bersamaan agar diketahui makanan mana yang menyebabkan elergi. Dan untuk selanjutnya, hindari jenis makanan tersebut.

Ringkasan:
  • Penyebab Sulit Makan pada Anak adalah Makanan Diemut, Anak Menolak Makan, Anak Pilih-Pilih Makanan, Anak Alergi pada jenis Makanan Tertentu,
  • Mengatasi Anak Sulit Makan bisa dilakukan dengan memberikan makanan yang lebih bervariasi dan harus dengan kesabaran.

Post a Comment for "Tips Mengatasi Anak Sulit Makan dan Permasalahannya"