Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aplikasi Penerjemah Tangis Bayi dari IPB

Download Aplikasi Penerjemah Tangis Bayi
Aplikasi Penerjemah Tangis Bayi yang diciptakan oleh Medhanita Dewi Renanti M.Kom untuk  penelitian studi jenjang S-2 yang dilakukannya. Dosen Mata Kuliah Aplikasi Komputer Institut Pertanian Bogor ini menciptakan aplikasi pertama di Indonesia yang mampu menerjemahkan arti tangisan bayi, dan diklaim berbeda dengan aplikasi Cry Translator untuk perangkat iPhone yang telah tersedia sejak Tahun 2009.

Kemampuan Aplikasi Penerjemah Tangis Bayi dari ibu Dewi ini dapat mendeteksi lima jenis tangisan bayi. Masing-masing tafsirannya adalah suara tangisan “neh” yang berarti lapar, “eh” yang bertafsir ingin bersendawa, “owh” berarti lelah atau mengantuk, “eairh” berarti beyi merasa nyeri di perut, dan bunyi “heh” yang berarti bayi merasa tidak nyaman.

Apabila Aplikasi Cry Translator menggunakan basis data hasil penelitian Dr. Antonio Portugal (Ramirez). Aplikasi dari Dosen IPB ini merupakan otomatisasi dari Dunstan Baby Language (DBL), yang ditemukan oleh Priscilla Dunstan pada tahun 1998. Priscilla Dunstan yang juga seorang musisi klasik, melakukan penelitian lebih dari delapan tahun, dan menemukan pola tangisan bayi dan menerjemahkannya.

Arti setiap jenis tangisan pada aplikasi Cry Translator juga berbeda dengan ciptaan Medhanita. Lima tafsir tangisan bayi pada aplikasi tersebut didasarkan pada hasil penelitian Dr. Antonio Portugal menerjemahkan mengenai rasa lapar, terganggu, lelah, tertekan, dan bosan pada buah hari anda.

Aplikasi yang merupakan penelitian dan menghasilkan tesis dengan judul Identifikasi Jenis Tangis Bayi menggunakan Codebook untuk Pengenal Pola dan MFCC (Mel-frequency cepstral coefficients) untuk Ekstraksi Ciri ini akan dapat digunakan dalam perangkat dengan sistem operasi Android.

Hal ini menjadi keunggulan dari aplikasi yang dibuat oleh Medhanita. Apabila Aplikasi sebelumnya membutuhkan perangkat yang relatif mahal untuk dapat digunakan. Makan Aplikasi ini dapat dijalankan pada Sistem operasi Android, dengan tampilan yang relatif sederhana, sehingga diharapkan dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Aplikasi Penerjemah Tangis Bayi dari IPB ini diklaim mampu mengartikan tangisan bayi berusia 0-3 bulan dengan tingkat akurasi hingga 94%. Sedangkan untuk bayi berusia 4 bulan, akan memiliki arti tangisan yang berbeda-beda, tergantung pada lingkungan dan kebudayaan masing-masing.

Saat ini aplikasi tersebut masih dijalankan pada sistem operasi Microsoft Windows, dan sedang dikembangkan untuk dapat dijalankan dalam sistem operasi Android. Mudah-mudahan Download Aplikasi Penerjemah Tangis Bayi ini akan dipermudah, sehingga dapat meningkatkan kesehatan bayi di Indonesia.

Ringkasan:
  • Aplikasi Penerjemah Tangis Bayi dapat menerjemahkan Bayi yang Lapar, ingin bersendawa, ngantuk, nyeri perut dan tidak nyaman,
  • Aplikasi Pembaca Tangis Bayi ini dikembangkan oleh dosen IPB dan akan dapat dijalankan di system operasi android.

Post a Comment for "Aplikasi Penerjemah Tangis Bayi dari IPB"