Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kandungan Makanan Ibu Menyusui yang Terbaik

Gambar Makanan Sehat Ibu Menyusui
Makanan Ibu Menyusui yang Terbaik harus dipenuhi tentu bertujuan agar kondisi ibu tetap fit, ASI lancar sehingga mampu memenuhi kebutuhan bayi sehatnya. Setelah proses persalinan wanita butuh lebih banyak asupan makanan bernutrisi dibandingkan saat dirinya hamil. Hal ini akan menentukan kualitas ASI dan seberapa cepat tubuh kembali ke bentuk semula seperti saat sebelum hamil.

Sebagian dokter mungkin merekomendasikan ibu menyusui untuk menambah asupan kalori sebanyak 500 kalori per hari. Hal tersebut diatas didukung oleh para ahli, yang lebih menekankan agar ibu menyusui fokus pada pilihan makanan dengan kandungan nutrisi lebih tinggi dibandingkan jumlah kalori. Menambah kalori dari makanan tidak bernutrisi seperti camilan manis atau makanan siap saji tidak akan bermanfaat untuk ibu dan kualitas ASI.

Apabila ibu menyusui tidak cukup mengkonsumsi makanan bernutrisi, maka Pola BAB Bayi akan lebih lama (Bayi Jarang BAB). Hal tersebut menjadi tanda apabila bayi anda tidak mendapatkan cukup nutrisi dalam tubuhnya. Ibu menyusui juga harus memperbanyak konsumsi karbohidrat kompleks (pasta, jagung, singkong rebus, dan oat). Dan dalam menu harian sebaiknya konsumsi juga jenis makanan; Sayuran (brokoli, labu, paprika, kacang-kacangan), Buah-buahan (apel, plum,beri, jeruk, peach, melon), dan Gandum (roti gandum, beras coklat)

Selain mampu mencukupi kebutuhan nutrisi untuk ibu menyusui dan Bayi, jenis makan-makanan diatas (terutama karbohidrat kompleks) diketahui mampu menurunkan berat badannya kembali seperti saat sebelum hamil, tanpa harus mengurangi produksi dan kualitas ASI.

Selain karbohidrat, ibu hamil juga harus memperhatikan asupan protein dan lemak. Asupan lemak minimal satu ons perhari, dan bisa didapatkan dari minyak sayur, mentega atau mayonnaise. Seimbangkan ketiga nutrisi karbohidrat kompleks, protein, dan lemak dengan sedikit gula dan camilan manis kesukaan anda.

Nutrisi selanjutnya yang juga penting untuk dikonsumsi ibu hamil adalah kalsium dengan jumlah 1.000 mg per hari. Kalsium bisa didapatkan dari produk susu, yogurt rendah lemak atau keju. Kalsium untuk ibu menyusui juga bisa didapatkan dari brokoli, salmon, tahu, dan biji wijen.

Ringkasan:
  • Makanan Ibu Menyusui yang Terbaik adalah mengandung nutrisi, karbohidrat kompleks, protein, lemak dan kalsium.
  • Konsumsi karbohidrat kompleks untuk ibu menyusui, mempercepat penurunan berat badan setelah persalinan,
  • Kebutuhan kalsium ibu hamil 1.000 mg per hari dan bisa didapatkan dari susu dan produk olahannya, brokoli, tahu, salmon dan biji wijen.

Post a Comment for "Kandungan Makanan Ibu Menyusui yang Terbaik"