Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Kacang untuk Kesehatan Ibu Hamil

Manfaat Kacang untuk Kesehatan Ibu Hamil
Kesehatan Ibu Hamil adalah aspek utama yang harus diperhatikan agar janin di dalam kandungan juga dalam keadaan yang sehat. Anda tentu setuju apabila kehamilan merupakan momen berharga bagi setiap wanita, apalagi bagi pasangan yang memang sudah lama menikah. Dalam kondisi ini, wanita tentu harus lebih selektif dalam mengonsumsi makanan, dan Salah satu makanan yang biasa dihindari oleh ibu hamil adalah kacang.

Hal tersebut dikarenakan ada pendapat terdahulu, dimana ibu hamil harus menghindari makanan dari jenis kacang-kacangan apabila di keluarganya terdapat sejarah alergi, seperti asma. Namun, pendapat lawas tersebut telah dibantah, oleh hasil studi terbaru, yang membuktikan kacang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan ibu hamil. Bahkan dapat menurunkan risiko anak menderita alergi kacang setelah dilahirkan.

Penelitian tersebut mendapatkan hasil kacang-kacangan tidak berbahaya kecuali jika memang ibu hamil telah memiliki alergi tersebut, sejak sebelum hamil. Para peneliti melihat data dari 8.205 anak, di mana ada 308 anak memiliki alergi makanan dan 140 di antaranya menderita alergi pada kacang.

Hasilnya, anak dari ibu hamil yang mengonsumsi kacang-kacangan selama hamil dengan intensitas 5 kali dalam seminggu memiliki risiko lebih rendah terkena alergi. Hal ini disebabkan ibu hamil yang mengonsumsi kacang menyebabkan janin di dalam kandungan terkena zat alergen alami, sehingga mampu membangun sistem kekebalan tubuh yang mentoleransi alergen kacang-kacangan tersebut.

Penelitian ini juga mendukung hipotesis, di mana janin yang terkena alergen saat dalam kandungan mampu meningkatkan kemampuan toleransi terhadap alergen dan menurunkan risiko anak terkena alergi makanan tertentu, ketika setelah dilahirkan hingga dewasa.
Namun memang penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal medis JAMA Pediatrics ini menyatakan bahwa keuntungan kacang pada ibu hamil ini tidaklah ditemukan pada anak yang memang memiliki alergi kacang.

Ringkasan:
  • Manfaat Kacang untuk Kesehatan Ibu Hamil adalah membentuk sistem imun janin agar tidak alergi kacang setelah dilahirkan,
  • Wanita yang sebelum hamil alergi terhadap kacang tidak disarankan mengkonsumsi kacang saat hamil.

Post a Comment for "Manfaat Kacang untuk Kesehatan Ibu Hamil"