Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Muda

Kesehatan Ibu Hamil Muda
Kehamilan adalah keajaiban yang tidak dapat dibeli dengan materi, bahkan beberapa wanita sulit hamil rela menghabiskan puluhan hingga ratusan juta agar dirinya bisa hamil, meski dengan resiko apapun. Namun setelah hamil, tentu seorang wanita tidak boleh bertindak atau beraktifitas yang mampu membahayakan janin di dalam

Banyak hal yang sebaiknya diketahui oleh ibu hamil untuk memelihara kesehatan tubuh dan janin di dalam kandungan, baik itu saat awal kehamilan sampai proses persalinan. Ada banyak pula persiapan yang harus dilakukan untuk menjalani persalinan dengan lancar. Permasalahan yang paling ditakutkan dan berisiko tinggi ibu hamil di trimester pertama adalah keguguran.

Pada trimester pertama tersebut, ibu hamil harus menjaga asupan makanan untuk menghindari agar janin tidak cacat lahir. Meski biasanya pada usia kehamilan ini, ibu hamil mengalami Morning Sickness, tetap usahakan untuk mengkonsumsi asam folat 400 mg setiap hari. Perlu anda ketahui, bahwa perut yang kosong, akan memperparah rasa mual pada ibu hamil.

Makanlah sedikit demi sedikit dengan intensitas lebih sering untuk menghindari rasa mual di awal kehamilan. Anda juga bisa mengkonsumsi pisang, atau makanan dengan aroma segar, seperti biscuit jahe, teh, salad, jus jeruk atau makanan dengan rasa mint. Hindari makanan yang banyak mengandung vitamin A, dan perbanyak makanan yang mengandung zat besi untuk mencegah anemia. Hindari juga sinar UV untuk mencegah masalah kulit yang sering terjadi pada wanita hamil.

Wanita yang perokok dan atau pengkonsumsi minuman beralkohol, sebaiknya juga segera berhenti, Hal ini untuk menghindari hal buruk terjadi pada janin anda. Dan pada Awal kehamilan, biasanya wanita akan lebih mudah mengantuk. Apabila hal ini terjadi juga kepada anda, maka jangan tunda waktu tidur anda, agar stamina tetap terjaga.

Setelah memasuki trimester kedua, ibu hamil sebaiknya mulai memperbanyak olah raga atau senam hamil untuk persiapan proses persalinan. Olah raga atau senam hamil juga untuk mengatasi masalah kesehatan Ibu Hamil, seperti perut kembung dan badan yang terasa lemas.

Pada usia kehamilan Trimester ke dua, wanita juga disarankan untuk menjaga kestabilan emosi dengan berlibur atau sekedar berbelanja perlengkapan bayi. Perlengkapan bayi yang telah terpenuhi di trimester kedua, memungkinkan anda lebih tenang dan rileks mempersiapkan persalinan di trimester ketiga.

Ringkasan:
  • Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Muda dilakukan dengan mencukupi nutrisi untuk tubuh dan tidak beraktivitas berlebihan,
  • Awal Kehamilan sebaiknya ibu hamil memperbanyak makanan yang mengandung zat besi untuk menghindari anemia.
  • Perlengkapan bayi bisa dibeli pada akhir trimester kedua, agar saat trimester ketiga bisa fokus terhadap proses persalinan.

Post a Comment for "Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Muda"