Home » , , , , » Efek Samping Penggunaan Pil KB dan Suntik KB

Efek Samping Penggunaan Pil KB dan Suntik KB

Penggunaan Pil KB
Penggunaan Pil KB dan Suntik KB saat ini menjadi masih menjadi Alat Kontrasepsi pilihan tertinggi masyarakat Indonesia. Mereka beranggapan metode KB tersebut murah, efektif dan tidak ribet. Namun perlu anda ketahui bahwa Metode kontrasepsi ini, sering menimbulkan efek samping. Dan hal ini baru akan diketahui saat wanita mulai memakainya. Adapun beberapa efek samping yang sering dirasakan saat menggunakan.

Sakit kepala, pusing, nyeri payudara

Efek samping Penggunaan Pil KB dan Suntik KB yang sering dialami wanita adalah Sakit kepala, nyeri payudara, pusing. Gejala tersebut biasanya akan hilang setelah beberapa waktu setelah penyuntikan atau meminum pil

Mual

Rasa mual karena Efek Samping Pil KB dan Suntik KB, akan hilang dalam beberapa bulan. Cara untuk mengurangi rasa mual adalah dengan mengonsumsi pil KB, sambil menyantap makanan. Namun apabila keluhan mual masih tetap sama, sebaiknya beralih ke alat kontrasepsi dalam rahim (IUD / Spiral).

Pendarahan

Penggunaan Pil KB dan Suntik KB kadang juga menyebabkan pendarahan (seperti mengalami Menstruasi dalam waktu lama). Hal ini memang sering membuat stress wanita, karena takut ada kelainan pada organ reproduksinya. Hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena, beberapa wanita yang menggunakan Pil KB dan Suntik KB sebagai alat kontrasepsi juga mengalami hal demikian.

Penurunan libido

Mengatasi penurunan Libido (gairah seksual) karena penggunaan Pil KB dan KB Suntik, bisa diatasi dengan mengganti pil KB dengan salah satu yang lebih androgenik (seperti testosteron). Dan apabila hal ini belum berhasil silahkan pilih metode KB yang lain.

Perubahan suasana hati

Metode hormonal memang memungkinan akan menyebabkan perubahan suasana hati. Sehingga bagi pasien yang ingin tetap mengonsumsi pil KB, biasanya dokter akan meresepkan anti-depresan.

Berdasarkan penelitian terbaru Efek samping lain penggunaan Pil KB dan Suntik KB adalah memicu perubahan fisik yang meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Hal tersebut terutama terjadi pada para wanita perokok, bertubuh gemuk, dan berasal dari keluarga yang memiliki riwayat sakit jantung. Apabila efek samping dari penggunaan Pil KB dan Suntik KB semakin memburuk, segera berkonsultasi dengan dokter kepercayaan anda agar diketahui penyebab pasti dari gejala gangguan kesehatan yang anda alami.

Ringkasan:
  • Pil KB dan Suntik KB menjadi alat kontrasepsi yang masih paling banyak digunakan masyarakat,
  • Efek Samping Penggunaan Pil KB dan Suntik KB adalah Sakit kepala, pusing, nyeri payudara, Mual, Pendarahan, Penurunan libido, Perubahan suasana hati dan Penyakit Jantung.

Related Posts :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger