Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gejala Diet Bermasalah yang Harus Segera di hentikan

Foto Cara Diet Bermasalah
Diet dilakukan untuk membangun pola hidup dengan tujuan agar tubuh tetap sehat. Namun beberapa orang melakukan Cara Diet terlalu ekstrem memperburuk kualitas hidup fisik maupun mental. Mereka terlalu berambisi untuk menurunkan berat badan, hingga melakukan hal-hal di batas kemampuan dirinya. Bahkan diet yang merekan lakukan kadang sulit diketahui, karena mereka telah menutup diri untuk orang lain.

Apa saja Gejala Diet Bermasalah atau terlalu ekstrem, sehingga harus segera dihentikan agar tubuh tetap sehat, diantaranya adalah:

Terobsesi dengan Skala Alat Timbang

Timbangan berat badan merupakan salah satu perlengkapan yang penting, untuk mengontrol pengurangan berat badan yang telah dilakukan. Namun apabila pelaku diet menganggap fluktuasi berat badan dari jam ke jam ditanggapi dengan panik bahkan stress, maka hal ini bisa dikatakan sebagai Gejala Diet Bermasalah. Anda tidak perlu khawatir, apabila berat badan yang sudah turun, kembali naik.

Hal ini terjadi karena saat menimbang berat badan, maka tidak hanya massa otot dan lemak saja yang terhitung, namun juga cairan, makanan yang masih berada di dalam sistem, kotoran yang belum dibuang, dan glikogen atau bentuk penyimpanan karbohidrat dalam di hati.

Merahasiakan Program Diet yang Dilakukan

Pelaku diet biasanya mempunyai ketakutan, apabila dianggap terlalu ketat oleh orang lain. Namun perasaan takut yang berlebihan ini, menjadi . Pasalnya bisa jadi kondisi tersebut adalah tanda-tanda dari diet terlalu keras. Apabila tidak segera diatasi, gejala ini dapat menimbulkan efek samping yang tidak sehat seperti kelelahan, mudah tersinggung, mood yang tidak baik, , menurunnya sistem imun, gangguan tidur dan Rasa lapar terus menerus.

Rasa Percaya Diri Dinilai dari Berat Badan dan Kebiasaan Makan Saja

Saat pelaku diet berhasil menurunkan berat badan, rasa percaya diri akan meningkat. Namun sebenarnya,  rasa percaya diri tidak menjadi tolak ukur keberhasilan Diet secara keseluruhan. Karena suatu saat ketika berat badan naik lagi, dirinya bisa merasa depresi, mencaci maki diri sendiri.

Terlalu Fokus Pada Diet

Memanfaatkan teknologi untuk mengontrol berat badan adalah hal yang baik. Namun pelaku diet perlu membenahi diri jika Energi yang terus menerus berpikir berfikir mengenai makanan dan minuman yang dikhawatirkan akan menaikan berat badan, bahkan sampai mengganggu aktivitas lain. Maka hal tersebut harus segera diperbaiki, karena Diet bukanlah tujuan hidup.

Saat seseorang mengubah pola hidup menjadi lebih baik termasuk dengan Diet, banyak yang tidak diikuti dengan perubahan yang sama pada lingkungan di sekitarnya. Namun yang tepat adalah pola hidup sehat tentu akan lebih nyaman jika dilakukan bersama-sama. Sehingga daripada menjauhi keluarga dan teman-teman, maka ajarkan gaya hidup sehat yang anda lakukan kepada mereka. Contoh kecil adalah saat saat pergi ke restoran bersama-sama, pilihlah makanan sehat dengan harapan dapat menginspirasi mereka.

Ringkasan:
  • Diet Bermasalah lebih disebabkan karena pemikiran yang tidak tepat mengenai Diet itu sendiri,
  • Gejala Diet Bermasalah adalah, Terobsesi dengan timbangan, Merahasiakan Program Diet, Percaya Diri Berlebihan, Terlalu Fokus Pada Diet.