Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gangguan Kesehatan Syaraf Wajah

Kesehatan Syaraf Wajah
Syaraf Wajah adalah susunan syaraf yang mengontrol otot-otot pada sisi wajah untuk memungkinkan seseorang menunjukan ekspresi, menangis, senyum, dan kedipan. Luka yang terjadi pada syaraf wajah dapat menyebabkan kerusakan fisik yang mengganggu secara sosial dan psikologi, sehingga perawatan Syaraf Wajah memerlukan rehabilitasi yang ekstensif atau prosedur-prosedur yang berkali-kali dan dilakukan secara rutin.

Syaraf Wajah adalah syaraf yang ketujuh dari dua belas syaraf-syaraf cranial. Setiap manusia mempunyai dua syaraf wajah, di kiri dan kanan sisi wajah. Syaraf Wajah berjalan dengan syaraf pendengaran (syaraf cranial kedelapan)dan ketika syaraf ini bekerja didalam dan sekitar struktur-struktur dari telinga bagian tengah. Syaraf Wajah keluar meninggalkan bagian depan dari telinga pada stylomastoid foramen (sebuah lubang pada dasar tengkorak), dimana Syaraf Wajah kemudian berjalan melalui kelenjar parotid. Pada kelenjar parotid Syaraf Wajah terbagi kedalam banyak cabang-cabang yang menyediakan fungsi motor untuk beragam otot-otot dan kelenjar-kelenjar dari kepala dan leher manusia.

Gejala Gangguan Kesehatan Syaraf Wajah

Gangguan Kesehatan Syaraf Wajah dapat mengakibatkan kelemahan, kelumpuhan otot wajah, kejang wajah, kekeringan mata atau mulut, atau perubahan rasa pada sisi syaraf yang terganggu. Bagaimanapun, penemuan dari salah satu gejala-gejala gangguan syaraf wajah ini tidak perlu menyiratkan persoalan spesifik syaraf wajah. Untuk mendiagnosa gangguan syaraf secara tepat  dokter anda perlu membuat investigasi yang hati-hati.

Adapun penyebab dari penyakit syaraf wajah adalah sebagai berikut
  • Trauma termasuk trauma kelahiran, luka-luka wajah, retak-retak dasar tengkorak, luka-luka telinga bagian tengah, atau trauma yang disebabkan karena operasi.
  • Penyakit Sistem Syaraf termasuk Opercular syndrome dan Millard-Gubler syndrome.
  • Infeksi yang terjadi pada telinga atau wajah, dan Herpes Zoster dari syaraf wajah (Ramsey-Hunt syndrome).
  • Gangguan Metabolik yang disebabkan karena diabetes mellitus atau kehamilan.
  • Terjadi Tumor-Tumor acoustic neuroma, cholesteatoma, schwannoma, tumor-tumor parotid, dan tumor-tumor glomus.
  • Gangguan Syaraf Wajah yang disebabkan karena racun-racun (alkoholisme atau keracunan carbon monoxide).
  • Bell's Palsy merupakan kelumpuhan syaraf wajah idiopathic.
Ringkasan:
  • Syaraf Wajah memungkinkan seseorang untuk mampu berekspresi seyum, tangis dan berkedip,
  • Syaraf wajah manusia ada di kedua sisi wajah yaitu kanan dan kiri,
  • Gangguan Kesehatan Syaraf Wajah mengakibatkan kelumpuhan otot wajah, kelemahan, kejang wajah, mata atau mulut kering, atau perubahan rasa pada sisi syaraf,

Post a Comment for "Gangguan Kesehatan Syaraf Wajah"