Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mengatasi Pegal Setelah Donor Darah

Mengatasi Pegal Setelah Donor Darah
Mengatasi Pegal Setelah Donor Darah perlu kami bahas pada artikel ini, karena beberapa orang dan mungkin termasuk anda, akan merasa Pegal pada bagian lengan setelah melakukan donor darah atau tes darah. Hal ini sebenarnya adalah efek samping yang normal terjadi, karena peredaran darah pada bagian lengan yang diambil darahnya menjadi tidak lancar.

Rasa Pegal Setelah Donor Darah sebenarnya bisa diatasi dengan cara yang mudah, yaitu minum cukup air sebelum pengambilan darah. Cairan yang cukup dalam tubuh juga akan menjaga suhu tubuh tetap hangat dan dan membuat lengan dalam keadaan rileks saat pengambilan darah baik itu untuk donor maupun untuk tes darah.

Selain cukup minum anda juga bisa melakukan peregangan otot lengan sehingga rasa pegal dapat berkurang. Namun sebelum melakukan peregangan, pastikan kondisi tubuh aman bekas jarum juga tidak boleh berdarah atau terasa nyeri yang berlebihan.

Apabila anda merasa pusing dan rasa nyeri berlebihan pada bekas jarum suntik, sebaiknya segera dibawa ke dokter, bukan melakukan peregangan. Dan apabila kondisi tubuh baik, maka peregangan setelah Donor Darah bisa dimulai dengan berdiri posisi kaki selebar pinggul, kedua tangan menggenggam di belakang punggung lalu diangkat sedikit di dasar tulang punggung. Setelah itu, kedua tangan diluruskan ke belakang, tahan posisi ini selama 15 detik, dengan tujuan meregangkan otot bisep.

Peregangan untuk mengurangi rasa pegal setelah donor darah adalah dengan merentangkan salah satu tangan ke arah dada, dengan tangan yang lain memegang siku tangan yang berada di dada. Tahan posisi tersebut selama 15 detik, dengan tujuan meregangkan otot deltoid.

Gerakan peregangan yang ketiga adalah meregangkan otot trisep, yaitu dengan mengangkat salah satu lengan hingga ujung jari-jari ke arah langit-langit, kemudian siku ditekuk dan jari-jari diletakan pada leher bagian belakang. Tangan yang lain menekan lembut siku tangan tersebut, dan tahan posisi ini selama 15 detik.

Ringkasan:
  • Mengatasi Pegal Setelah Donor Darah yang paling mudah adalah dengan minum air yang cukup saat sebelum pengambilan darah,
  • Peregangan untuk otot bisep, deltoid dan trisep juga mampu mengurangi rasa pegal setelah Donor Darah.

Post a Comment for "Tips Mengatasi Pegal Setelah Donor Darah"