Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Penyakit Herpes dan Cara Penanganan

Penyebab Penyakit Herpes
Penyakit herpes atau sering disebut cacar air adalah penyakit radang yang menyerang pada kulit penderitanya. Penyakit ini sangat mudah menular, dengan Gejala munculnya bintik-bintik merah berair pada permukaan kulit. Penularan Penyakit Herpes juga sangat mudah dan tidak hanya melalui hubungan suami istri, namun juga bisa bersin, batuk bahkan pakaian yang terkena pecahan bintik-bintik merah penderitanya.

Penyakit Herpes sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yaitu:
  1. Herpes generalis adalah jenis Penyakit Herpes yang disebabkan oleh virus herpes simplek. Jenis ini akan mengakibatkan infeksi atau peradangan pada kulit bagian alat kelamin baik pria atau wanita, dubur/anus, dan sekitar selangkangan.
  2. Herpes Zonter  adalah jenis cacar air yang disebabkan oleh virus varicella zonter, yang bisa menyerang semua bagian tubuh (bisa di pipi, tangan, bahkan di dahi) dan biasanya akan kambuh di tempat yang sama.
Sampai saat ini Penyakit herpes dianggap sebagai penyakit yang berkaitan dengan aktivitas seksual yang tidak sehat. Namun perlu anda ketahui bahwa pemahaman tersebut tidak selamanya benar, karena Penyakit herpes genitalis bisa dialami siapa saja.

Seorang Pria yang telah disunat memiliki risiko lebih kecil menderita penyakit herpes genitalis karena selaput lendirnya telah menebal dan menjadi kulit biasa, sehingga lebih sulit tertular virus penyebab herpes.

Penanganan Penyakit Herpes

Hal terpenting menangani penyakit herpes adalah jangan sampai gelembung berisi cairan pecah. Anda juga bisa dengan memberikan bedak agar kulit lebih licin sehingga gelembung tidak pecah. Apabila gelembung tersebut pecah, maka menjadi pintu masuk bagi kuman, dan memicu terjadinya infeksi sekunder selain herpes

Terapi Pengobatan Penyakit Herpes bisa dengan metode pemberian obat antivirus golongan asiklovir yang tentu harus sesuai dengan petunjuk dokter. Untuk itu bagi anda yang menderita herpes tidak perlu malu melakukan pemeriksaan, karena hepes bukanlah penyakit yang sepenuhnya berhubungan dengan penyakit seksual. Dan apabila tidak segera diobati maka penyakit akan sulit sembuh, menularkan ke anggota keluarga lain dan bahkan bertambah parah.

Penyakit Herpes pada Ibu Hamil bahkan harus sudah disembuhkan saat sebelum persalinan. Karena apabila belum sembuh, bisa saja penyakit ini akan menular kepada bayi, sehingga menyebabkan cacat pada mata bahkan radang selaput otak pada bayi.

Mencegah Penyakit Herpes Kambuh Lagi

Penyakit herpes memang dapat muncul kembali meski sudah diobati, karena ketika gelembung cairan pada kulit menghilang, bukan berarti virus penyebab herpes sudah hilang. Namun Virus herpes bisa saja masih bersembunyi di saraf tulang belakang dan menunggu kesempatan untuk menyerang kembali. Sehingga bagi anda yang pernah menderita herpes, sebaiknya menjaga agar daya tahan tubuh tidak menurun. Tidak lelah pikiran seperti stress.

Ringkasan:
  • Penyakit herpes atau cacar air adalah penyakit radang yang disebabkan oleh virus menular,
  • Penyakit Herpes tidak hanya menyerang pelaku aktivitas seksual yang tidak sehat,
  • Penanganan Herpes yang paling mudah adalah menjaga agar bintik vairan tidak pecah dan segera dilakukan pengobatan oleh dokter,
  • Agar Penyakit Herpes tidak kambuh lagi sebaiknya pasien meningkatkan daya tahan tubuh dan menghindari stress.

Post a Comment for "Penyebab Penyakit Herpes dan Cara Penanganan"