Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Informasi Siklus Menstruasi pada Remaja

Siklus Menstruasi pada Remaja kadang masih menjadi pertanyaan besar bagi mereka. Hal ini tentu karena keterbatasan informasi yang didapatkan. Namun dengan adanya artikel dari Tips Kesehatan Keluarga ini diharapkan mampu menjawab beragam pertanyaan mengenai Haid pada Remaja. Umumnya wanita mengalami siklus menstruasi pada umur 9 – 15 tahun.

Beberapa remaja akan mempunyai siklus haid teratur, namun ada juga yang mempunyai siklus haid tidak teratur, atau teratur namun meloncati satu periode atau mengalami menstruasi lebih. Hal ini lebih disebabkan karena stres, atau Ketika perjalanan atau terjadi perubahan jadwal dalam aktivitas sehari-hari.

Siklus Haid pada Remaja bisa lebih bervariasi, kadang darah keluar selama dua hari, kadang selama tujuh hari, kadang darah keluar banyak kadang sedikit. Hal ini disebabkan karena tingkat produksi hormon pada tubuh remaja wanita berbeda-beda dari satu siklus ke siklus berikutnya.

Adapun Tanda-tanda yang sering menyertai siklus menstruasi remaja adalah sebagai berikut; Kejang pada punggung dan otot terasa mengencang, Payudara terasa yang lebih berat, munculnya jerawat, sakit kepala, gangguan pada mood, Waktu tidur tidak normal, Bengkak-bengkak pada tubuh.

Siklus menstruasi tidak teratur pada remaja adalah perubahan yang normal terjadi, dan biasanya terjadi selama tiga tahun pertama setelah haid pertama. Dan pada titik waktu tertentu selama masa pertumbuhan, maka anda akan menemui siklus menstruasi yang sebenarnya.

Penyebab Siklus Haid pada remaja tidak teratur yang lain adalah akibat efek pengobatan, aktivitas fisik yang berlebihan, terlalu kurus, atau tidak cukup mengonsumsi kalori. Selain itu juga bisa diakibatkan karena tubuh memproduksi terlalu banyak androgen (hormon yang menyebabkan peningkatan massa otot, rambut di wajah, perubahan suara pada laki-laki, dan meningkatkan berat badan pada perempuan). Jumlah hormon androgen yang tinggi pada wanita memicu pertumbuhan rambut pada wajah, dagu, dada, dan perut.

Dari informasi tersebut diatas, apabila anda berumur lebih dari lima belas tahun namun belum mendapatkan haid yang pertama atau siklus menstruasi tidak teratur selama 3 tahun setelah mendapatkan menstruasi pertama. Maka segera lakukan pemeriksaan kepada dokter untuk mendapatkan solusinya.

Ringkasan:
  • Siklus Menstruasi Tidak Teratur Merupakan Hal yang wajar dan biasanya akan terjadi selama 3 tahun setelah menstruasi pertama,
  • Haid tidak teratur pada remaja sering disebabkan karena tingkat produksi hormon, stres dan perubahan aktivitas,
  • Gangguan siklus menstruasi pada remaja yang tidak normal adalah tidak mendapatkan haid setelah usia lebih dari 15 tahun dan siklus menstruasi tidak teratur setelah 3 Tahun dari haid pertama.

Post a Comment for "Informasi Siklus Menstruasi pada Remaja "