Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan Penyebab Bau Mulut dan Cara Pencegahan

Makanan Penyebab Bau Mulut
Kesehatan Mulut yang terganggu bisa memicu terjadinya Bau Mulut, namun tidak hanya itu ternyata ada beberapa jenis makanan yang juga dikenal bisa menyebabkan bau mulut. Adapun selama ini makanan yang dikenal sebagai penyebab bau mulut adalah bawang putih, bawang merah, dan kopi. Namun ternyata, tidak hanya makanan tersebut saja yang bisa memicu bau mulut, namun ada beberapa makanan yang bisa menghilangkan kesegaran nafas anda, adalah sebagai berikut:
  1. Alkohol dan minuman berenergi, dapat menyebabkan dehidrasi, sehingga menyebabkan kadar liur menurun karena adanya kadar asam di dalam minuman tersebut. Padahal perlu anda ketahui air liur menjadi penghambat alami bakteri penyebab bau mulut. 
  2. Susu dan produk turunannya mudah menempel pada gigi dan mulut, sehingga menjadi sumber makanan bakteri untuk modal berkembang biak. Beberapa orang juga tidak mampu mencerna susu dengan baik karena intoleransi laktosa, hal inilah yang menjadi Penyebab Bau Mulut. Hal ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi  produk turunan susu, khususnya yang mengandung prebiotik, misalnya yogurt yang mampu membantu pencernaan di dalam lambung.
  3. Permen tidak hanya menjadi penyebab gigi keropos, namun ternyata juga Menyebabkan Bau Mulut. Permen yang banyak mengandung gula akan bercampur dengan bakteri di mulut sehingga melepaskan senyawa sulfur yang menimbulkan bau mulut. Untuk mencegah hal ini, dengan segera menyikat gigi setelah makan permen.
  4. Daging merah mengandung banyak protein yang dibutuhkan tubuh, namun perlu anda ketahui bahwa permen menjadi penyebab bau mulut. Untuk menghindari bau mulut akibat daging merah ini, anda bisa memilih daging ayam atau ikan. Anda juga bisa mengunyah permen karet untuk meningkatkan produksi air liur, pemanis xylitol yang ada pada permen karet juga dapat membunuh bakteri yang ada di dalam mulut.
Ringkasan:
  • Makanan yang dikenal sebagai penyebab bau mulut adalah bawang putih, bawang merah, kopi, Alkohol, minuman berenergi, susu dan produk turunannya, permen dan daging merah,
  • Untuk mengatasi bau mulut akibat makanan bisa menggunakan produk turunan susu, rajin menyikat gigi, dan mengunyah permen karet.

Post a Comment for "Makanan Penyebab Bau Mulut dan Cara Pencegahan"