Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Foto Pertumbuhan Janin di Dalam Kandungan

Pertumbuhan Janin di dalam Kandungan seakan menjadi misteri, karena tentu orang tua tidak dapat melihatnya secara langsung. Meski saat ini telah ada USG 4D yang dapat memberikan gambar mirip dengan kenyataannya, namun tentu alat tersebut juga masih mempunyai kekurangan, karena gambar yang ditampilkan sangat tergantung dengan posisi janin.

Namun gambaran pertumbuhan janin hingga nanti seluruh organ tubuh utama janin terbentuk, bisa anda pelajari berdasarkan penjelasan dan gambar di bawah ini:

Pertumbuhan Janin Usia Dua Belas Minggu

Panjang janin pada usia ini adalah sekitar 6,5 cm dan berat sekitar 18 gram. Kepala janin menjadi lebih bulat dan wajah telah terbentuk sempurna. Jari-jari tangan dan kaki mulai terbentuk begitu juga kuku mulai tumbuh. Perkembangan Janin Usia 3 bulan ini adalah mulai menggerak-gerakkan tungkai dan lengan, namun pada usia ini ibu belum dapat merasakan gerakan-gerakan ini.

Pertumbuhan Janin Usia Dua Belas Minggu

Pertumbuhan Janin Usia Enam Belas Minggu

Panjang janin sekitar 16 cm dengan berat sekitar 35 gram. Pada usia ini janin di dalam kandungan mulai menendang dan menyepak, sehingga ibu sudah bisa merasakan gerakannya. Namun apabila kadang gerakannya tidak dirasakan, anda tidak perlu khawatir karena gerakannya tentu masih sangat lambat.

Pertumbuhan Janin Usia Enam Belas Minggu

Pertumbuhan Janin Usia Dua Puluh Minggu

Panjang janin sekitar 25 cm dengan berat sekitar 340 gram, dan Janin masih bisa berenang-renang dalam lautan air ketuban. Pada usia ini Janin kadang akan membuat gerakan-gerakan aktif, namun kadang juga seperti tertidur.

Pertumbuhan Janin Usia Dua Puluh Minggu


Pertumbuhan Janin Usia Dua puluh Empat Minggu

Panjang janin sekitar 32 cm dan Berat Badan Janin mencapai 500 gram. Pada usia ini Ibu hamil telah dapat merasakan bagian-bagian tubuh janin berbeda yang menyentuh dinding perutnya. Otot rahim ibu akan meregang dan terkadang ibu merasakan sakit di bagian perut karena gerakan janin yang terlalu aktif.  

Pertumbuhan Janin Usia Dua puluh Empat Minggu


Pertumbuhan Janin Usia Tiga Puluh Minggu

Panjang janin sekitar 40 cm dan beratnya mencapai 1700 gram, dengan kepala janin sudah proporsional dengan ukuran tubuhnya. Pada usia kehamilan ini, mungkin Ibu akan mengalami tekanan di bagian diafrakma dan perut.

Pertumbuhan Janin Usia Tiga Puluh Minggu


Pertumbuhan Janin Usia Tiga puluh Enam Minggu

Panjang janin sekitar 50 cm dan beratnya mencapai 2500 – 4500 gram, dengan pertumbuhan sudah hampir sempurna, dan sewaktu-waktu janin dapat turun ke rongga pinggul ibu. Pada usia ini kulit janin sudah halus dan tubuhnya mulai montok. Apabila janin terbangun, matanya terbuka dan sudah dapat membedakan antara terang dan gelap.

Pertumbuhan Janin Usia Tiga puluh Enam Minggu


Pertumbuhan Janin Usia Tiga Puluh Tujuh hingga Empat Puluh Dua Minggu, adalah dimana waktu kelahiran sudah sangat mungkin terjadi. Namun anda tidak perlu khawatir apabila janin tidak lahir tepat pada waktu dari Hari Perkiraan Lahir yang telah ditetapkan dokter, karena persentase kelahiran bayi tepat pada hari HPL hanya sebesar 5%. Dan anda harus mempersiapkan proses persalinan yang tentu tidak akan dilupakan seumur hidup.

Adapun Video Pertumbuhan Bayi bisa anda lihat seperti dibawah ini:



Ringkasan:
  • Pertumbuhan Janin di dalam kandungan bisa dipelajari melalui teknologi USG saat pemeriksaan rutin setiap bulan,
  • Ibu Hamil sudah bisa merasakan gerakan Janin di dalam kandungan mulai Usia Enam Belas Minggu Kehamilan,
  • Pertumbuhan Janin Usia Tiga Puluh Tujuh sudah mulai sempurna, bahkan siap untuk dilahirkan.

Bersama: +KOMPAS.com , +Kompas TV , +detikcom , +Detikplus , +VIVA 

Post a Comment for "Foto Pertumbuhan Janin di Dalam Kandungan "