Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Gerakan Senam Hamil yang Baik dan Benar

Contoh Gerakan Senam Hamil
Gerakan Senam Hamil yang Baik dan Benar harus dilakukan agar tidak membahayakan ibu hamil dan janin di dalam kandungan. Kendala melakukan senam hamil adalah Ibu Hamil malas bergerak, sehingga badan terasa lemas. Memang benar Ibu Hamil tidak boleh banyak bergerak, namun tentu Ibu Hamil harus melatih badan agar tetap kuat. apabila badan kuat, proses persalinan normal menjadi lebih lancar. Senam hamil adalah hal yang wajib agar Ibu Hamil tetap bugar dan segar menjalani kehamilan dan persalinan.

Sebelum memulai senam hamil, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter. Apabila dokter mengizinkan, mulailah melakukan senam hamil dan hal ini biasanya dimulai pada trimester ketiga. Ada beberapa gerakan senam yang bisa dicoba Ibu Hamil dan Senam ini bisa menguatkan pernapasan Ibu Hamil.

Mulailah senam Ibu Hamil dengan pemanasan, agar peredaran darah di tubuh meningkat dan otot-otot menjadi lebih lemas. Hal ini tentu saja untuk menghindari terjadi kejang atau kram pada Ibu Hamil saat menjalani senam hamil.

Gerakan senam hamil selanjutnya adalah latihan mengerutkan otot, yang berfungsi untuk melatih otot agar tidak kaku. Gerakan ini bisa dimulai dengan posisi berdiri dan letakan tangan di pinggang. Selanjutnya gerakkan kepala ke kanan dan kiri, untuk merenggangkan otot leher.

Setelah itu lakukan posisi duduk dan luruskan kaki ke depan. Selanjutnya gerakkan ujung telapak kaki ke depan dan belakang, sengan tujuan untuk mencegah pembengkakan kaki dan melancarkan sirkulasi vena.

Gerakan Senam Hamil yang Baik dan Benar selanjutnya dimulai dengan posisi Ibu Hamil tidur telentang. Tekuk satu kaki sedankan yang lain tetap lurus. Dorong kaki yang ditekuk ke depan dan lakukan secara bergantian selama beberapa menit, untuk melatih panggul lebih kuat.

Selanjutnya, mulai dengan posisi tidur dan tekuk kedua kaki. Pegang kedua lutut anda dengan tangan. Tarik napas lalu mulai berlatihlah untuk mengejan. Untuk gerakan senam hamil yang selanjutnya dimulai dengan posisi merangkak. Tempelkan dada di lantai dan tahan selama 1 menit. Posisi ini dapat membantu membetulkan posisi bayi yang sungsang.

Setelah selesai melakukan senam hamil, lakukan pendinginan tubuh yang dapat digabungkan dengan latihan meditasi untuk menenangkan pikiran (yoga ibu hamil). Dimulai dengan posisi duduk bersila dilantai, boleh menggunakan matras agar tidak kedinginan, posisi kedua tangan pada dasarnya bebas asal rileks, hisap napas perlahan, konsentrasi pikiran anda hanya pada nafas dan tidak memikirkan hal yang lain. Saat mengeluarkan napas, gunakan nafas lembut dan tidak perlu menahan nafas. Lakukan gerakan pendinginan senam hamil ini selama 5-10 menit.

Senam hamil akan lebih menyenangkan dilakukan bersama teman atau suami. Selain lebih menyenangkan dan dengan adanya teman, maka akan membantu anda apabila ada gangguan yang tidak diinginkan. Dengan melakukan Gerakan Senam Hamil yang Baik dan Benar diharapkan kondisi kesehatan ibu hamil dan janin di dalam kandungan akan maksimal dan mempermudah persalnan normal.

Ringkasan:
  • Gerakan Senam Hamil yang Baik dan Benar akan menjaga tubuh ibu hamil tetap bugar dan sehat,
  • Gerakan senam hamil posisi menungging dapat membantu memperbaiki posisi bayi sungsang,
  • Gerakan yoga saat hamil dapat memberikan rasa rileks dan menenangkan pikiran ibu hamil.

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Post a Comment for "Tips Gerakan Senam Hamil yang Baik dan Benar"