Bahaya Minum Kopi Saat Ngantuk

Bahaya Minum Kopi Saat Ngantuk
Minum Kopi Saat Ngantuk sering dilakukan banyak orang, dengan menetralisasi rasa kantuk dan menyegarkan tubuh. Namun apabila sebelumnya anda melakukan rutinitas ini, sebaiknya segera mengubah cara pandang tersebut, dan mulai menghindari kopi saat mengantuk.

Kafein pada kopi memang bisa menghambat kantuk, namun otak tetap saja lelah, dan satu-satunya cara mengatasi lelah adalah dengan tidur. Apabila anda ingin minum kopi, sebaiknya disesuaikan dengan rencana tidur, sebagai contoh apabila anda ingin tidur jam delapan malam, maka waktu terakhir minum kopi adalah jam sembilan pagi. Hal ini dikarenakan efek kafein bertahan selama 9-12 jam, dan mulai bekerja setelah 30 menit diminum.

Sebagai contoh apabila anda bekerja pada sift malam, jangan minum kopi pada jam 2-3 pagi, namun minumlah kopi pada jam sembilan malam, sehingga tidak mengganggu pola tidur. Saat semalam tidak tidur, maka pada siang harinya anda harus mengganti waktu tidur yang cukup agar otak tidak lelah.

Agar Kopi Lebih Sehat saat Diminum

Dari penjelasan di atas diketahui kapan waktu yang tepat saat minum kopi. Karena memang dengan minum kopi, juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Dengan minum sejumlah kecil cangkir kopi perhari, dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, alzheimer, dan kanker prostat.

Namun, agar didapatkan hasil yang maksimal maka cara memanggang, menyimpan, menyeduh, dan meminumnya harus tepat, dengan cara sebagai berikut:
  • Memanggang, kopi berhubungan dengan proses pengubahan asam pada kopi menjadi antioksidan. Semakin cerah warna biji kopi, maka semakin tinggi kandungan antioksidannya, dan apabila terlalu lama memasak maka antioksidan akan rusak.
  • Penyimpanan kopi yang sudah dimasak, tidak boleh terkena paparan udara. Sehingga biji kopi yang sudah dipanggang harus disimpan di dalam tempat yang kedap udara, dan dibuka ketika akan digunakan.
  • Menyeduh kopi dengan cara moka, espresso, dan neapolian dapat membantu menambah kadar antioksidan pada kopi dibandingkan dengan metode penyaringan.
  • Meminum Kopi yang sehat sebaiknya tanpa gula, karena nutrisi dalam kopi bisa rusak ketika ditambah bahan lain di dalamnya. Ada penelitian yang menunjukan bahwa antioksidan di dalam kopi bisa berkurang apabila dicampur dengan susu.
Ringkasan:
  • Kopi sering dijadikan orang untuk mengurangi rasa kantuk apabila seseorang ingin bergadang,
  • Efek kafein pada kopi akan bekerja selama 9-12 jam, dan mulai bekerja setelah 30 menit diminum,
  • Bahaya Minum Kopi Saat Ngantuk adalah mengganggu pola tidur dan memaksa kinerja otak yang sudah lelah.

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono



Related Posts :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger