Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Air Putih Saat Berpuasa

Manfaat Air Putih
Manfaat Air Putih memang tidak diragukan lagi, bahkan sangat disarankan seseorang mengkonsumsi air putih minimal 2 liter perhari. Hal ini juga sangat penting bagi anda yang sedang berpuasa karena mempunyai banyak manfaat. Saat berpuasa, maka seseorang tidak makan dan minum selama sekitar 14 jam. Hal ini tentu akan mempengaruhi kondisi tubuh. Kurangnya cairan dan asupan nutrisi yang cukup akan membuat tubuh terasa lemas. Sehingga tentu untuk mengatasinya, anda harus mencukupkan cairan dan nutrisi selama buka puasa hingga sahur.

Tidak sedikit orang yang kehilangan nafsu makan ketika berpuasa. Hal ini dikarenakan minuman manis yang dikonsumsi saat berbuka puasa, telah cukup memuaskan dahaga dan sekaligus menghilangkan rasa lapar.  Begitu pula ketika sahur maka banyak orang malas makan karena mengantuk. Padahal, kalori yang dibutuhkan per hari sekitar 1.900 dan pria 2.100 kalori, kebutuhan tersebut akan lebih tinggi pada ibu hamil dan menyusui.

Untuk tetap memenuhi kebutuhan kalori, maka makan sahur dan berbuka puasa adalah hal yang diharuskan. Anda juga bisa mengonsumsi buah kurma, yang akan memberikan dan mengembalikan energi saat berpuasa. Bagi anda yang malas makan sahur dan berpikir untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dengan mengkonsumsi multivitamin, maka sangat tidak dianjurkan. Multivitamin tidak bisa mengganti semua kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh terutama saat berpuasa.

Menu Buka Puasa Yang Tepat

Berbuka puasa identik dengan snack ringan yang hampir semuanya manis dan sering dengan suhu dingin. Berbuka puasa dengan hidangan manis dan dingin memicu insulin dalam tubuh untuk bekerja lebih keras karena adanya kenaikan kandungan gula dalam darah.

Sehingga saat berbuka sebaiknya dengan minuman hangat yang mempunyai kandungan gula rendah, dan selanjutnya minum air putih. Usahakan tetap sesuai anjuran ideal yaitu minimal 8 gelas dalam satu malam bulan ramadhan untuk menghindari dehidrasi dan mengembalikan cairan yang hilang selama berpuasa di siang hari.

Ringkasan:
  • Untuk mendapatkan Manfaat Air Putih secara maksimal disarankan untuk meminumnya minimal 2 liter perhari,
  • Kandungan Nutrisi pada makanan saat berpuasa tidak bisa digantikan dengan multivitamin,
  • Agar Nafsu makan tetap terjaga sebaiknya kurangi makanan dan minuman manis saat buka dan sahur.

Post a Comment for "Manfaat Air Putih Saat Berpuasa"