Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengobati Pucuk Susu Lecet Ibu Menyusui

Tips Ibu Menyusui
Pucuk Susu Lecet Ibu Menyusui adalah hal buruk, karena tentu akan menyebabkan wanita kesakitan saat menyusui, dan juga dapat berpengaruh terhadap berkurangnya produksi ASI. Beberapa ibu menyusui mengalaminya hanya dalam waktu singkat, namun apabila tidak segera sembuh harus perlu dicari penyebab dan cara untuk mengatasinya. Berkurangnya produksi ASI adalah karena Bunda menunda menyusui atau memerah ASI, dibandingkan dengan rutinitas sebelumnya.

Pucuk Susu lecet Ibu Menyusui sering terjadi pada ibu muda yang baru pertama kali menyusui.  Hal ini bisa disebabkan karena, posisi menyusui yang salah, tidak sempurnanya perlekatan antara mulut bayi dengan Pucuk Susu ibu atau saat bayi mulai tumbuh gigi. Pada saat tumbuh gigi biasanya bayi akan menggigit-gigit Pucuk Susu sehingga menyebabkan luka atau lecet.

Bahaya Pucuk Susu Lecet Ibu Menyusui


Luka pada Pucuk Susu susu ibu menyusui sering disebabkan karena bayi mengunyah dan bukan menghisap Pucuk Susu saat meminum ASI. Luka pada Pucuk Susu ini dapat memicu infeksi pada Buah Dada karena masuknya kuman yang terdapat pada mulut dan hidung bayi ke dalam Buah Dada. Infeksi ini akan menyebabkan Pucuk Susu Buah Dada bengkak, kemerahan, terasa nyeri, dan bunda mengalami demam.

Cara Mencegah Infeksi Pucuk Susu Lecet Ibu Menyusui


Untuk mencegah infeksi pada Pucuk Susu lecet saat menyusui, Bunda bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Selalu menjaga kebersihan daerah Pucuk Susu Buah Dada,
  • Membersihkan Pucuk Susu terlebih dahulu sebelum dan setelah menyusui,
  • Tidak menghentikan pemberian ASI pada bayi, karena karena apabila ASI tidak keluar dapat memperparah peradangan dan luka semakin parah,

Mengobati Pucuk Susu Lecet Ibu Menyusui

Cara Alami Mengobati Pucuk Susu lecet adalah dengan mengoleskan sedikit ASI sebelum proses menyusui untuk memicu bayi agar segera menyusui. Setelah selesai menyusui, oleskan lagi ASI dan usapkan ke seluruh bagian Pucuk Susu dan areola. ASI memiliki kualitas penyembuhan alami pada luka tersebut. Alternatif lain untuk Mengobati Pu**ng Luka saat Menyusui adalah mengoleskan salep lanonin, tapi pastikan pilih yang medical-grade dan non-toxic. Oleskan salep saat bunda sedang tidak menyusui, dan ketika akan menyusui jangan lupa untuk membersihkan terlebih dahulu, agar salep tidak tertelan oleh buah hari anda.

Ringkasan:
  • Selain menyebabkan rasa sakit, Pucuk Susu lecet pada ibu menyusui dapat menyebabkan infeksi,
  • Untuk mencegah infeksi pada Pu**ng yang luka, maka Bunda harus menjaga kebersihan dan tetap menyusui,
  • Mengobati Pucuk Susu Lecet pada Ibu Menyusui bisa dilakukan dengan mengoleskan ASI atau salep khusus pada luka.

Post a Comment for "Mengobati Pucuk Susu Lecet Ibu Menyusui"