Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gangguan Produksi ASI pada Wanita Obesitas

Kesehatan Ibu Menyusui
Produksi ASI yang cukup menjadi prioritas utama bagi Bunda setelah melahirkan. Hal ini tentu berhubungan dengan tumbuh kembang buah hati setelah dilahirkan. Namun tahukah anda apabila Wanita dengan berat badan berlebih bisa mempunyai masalah dengan Produksi ASI. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh Bewby, terhadap 462 Ibu Menyusui.

Metode penelitian adalah dengan memberikan kuesioner satu kali sebelum bayi lahir dan enam kali selama tahun pertama kelahiran pada audiens. Selama penelitian ternyata didapatkan kesimpulan bahwa wanita obesitas secara signifikan lebih mungkin untuk merasa canggung atau gelisah saat menyusui bayi di depan orang lain, sehingga memutuskan untuk berhenti lebih cepat dibandingkan wanita dengan berat badan ideal atau sedikit gemuk.

Wanita Obesitas sepertinya memiliki niat yang sama, tapi keyakinan dan kenyamanan saat menyusu di depan orang lain, misalnya di depan anggota atau kerabat perempuan, maupun di area menyusui umum, ternyata menjadi masalah.

Memang tidak ada perbedaan yang berarti dalam hal keyakinan tentang mencapai tujuan menyusui, namun memang Wanita Obesitas akan lebih nyaman untuk menyusui bayi secara privat. Sehingga, ditemukan keterbatasan dalam lingkup sosial.

Wanita Obesitas juga perlu mengatasi hambatan fisik yang menghalangi keinginan sukses menyusui. Hal ini dikarenakan, Bayi yang baru lahir memiliki mulut yang sangat kecil, dan semakin besar tubuh ibu, ada kemungkinan payudara juga menjadi besar besar. Selanjutnya, hal ini dikaitkan dengan bayi dari Wanita Obesitas tidak selalu mendapatkan pelekatan yang baik, sehingga tidak selalu berhasil mengosongkan payudara ibunya.

Apabila mulut bayi menempel pada payudara dengan cara yang efektif, maka buah hati andan bisa mengosongkan payudara ibu dengan cepat sehingga mengatur sinyal hormonal untuk Meningkatkan Produksi ASI. Namun, apabila Wanita Obesitas mampu mengatasi hambatan-hambatan tersebut diatas, maka kualitas menyusui sebenarnya tidak akan berbeda dari ibu-ibu lain dengan berat badan lebih rendah.

Ringkasan:

  • Gangguan Produksi ASI pada Wanita Obesitas berkaitan dengan faktor psikologis dan posisi menyusui yang tidak tepat,
  • Faktor psikologis Wanita Obesitas saat menyusui adalah rasa tidak percaya diri saat menyusui di temat umumn
  • Besarnya Payudara Wanita Obesitas juga sering mengganggu penempelan mulut bayi ke puting.

Post a Comment for "Gangguan Produksi ASI pada Wanita Obesitas"