Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mencegah Bau Mulut saat Puasa

Tips Puasa Ramadhan
Mencegah Bau Mulut saat Puasa menjadi sangat penting karena mamang karena puasa bisa memicu bau mulut yang tentu membuat anda tidak nyaman. Cara Mudah mengetahui seberapa parah bau mulut anda, adalah dengan menjilat bagian belakang sendok, telapak tangan atau jari dan setelah kering anda bisa mencium aroma yang dihasilkan. Hal ini efektif karena, apabila anda mempunyai masalah bau mulut maka air liur juga akan bau.

Bau mulut juga bisa dipengaruhi oleh kesehatan dan kebersihan mulut dan gigi yang berlubang. Warna lidah saat Puasa Ramadhan juga bisa menunjukkan kebersihan mulut dan gigi, apabila warna lidah merah muda maka kesehatan mulut anda baik. Namun apabila lidah ditutupi lapisan putih, bisa menjadi tanda mulut anda mengalami gangguan.

Bau mulut saat Puasa atau dalam istilah medis disebut halitosis, lebih banyak disebabkan karena adanya bakteri yang memecah sisa-sisa makanan, untuk selanjutnya melepaskan sulfur sehingga mengeluarkan bau yang tidak enak. Penyebab lain bau mulut adalah pH mulut tidak seimbang, hal ini tentu karena efek puasa seharian yang dimana mulut tidak digunakan untuk makan dan minum.

Mencegah Bau Mulut saat Puasa tentu saja dengan menggosok gigi setelah makan sahur, termasuk menyikat lidah dan kemudian melakukan flossing (membersihkan gigi menggunakan benang). Hal ini juga harus anda lakukan sebelum tidur. Pastikan saat selesai makan sahur anda juga mengkonsumsi air putih sehingga tidak dehidrasi sekaligus mencegah bau mulut saat puasa.

Ringkasan:
  • Mengecek Bau Mulut yang tepat adalah dengan menjilat sendok, kulit tangan atau jari menghirupnya setelah kering,
  • Mencegah Bau Mulut saat Puasa bisa dengan selalu menggosok gigi setelah santap sahur dan sebelum tidur.


Post a Comment for "Mencegah Bau Mulut saat Puasa"