Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mencegah Asma Kambuh Kembali

Tips Kesehatan
Mencegah Asma Kambuh Kembali bukan perkara yang mudah dan bisa dilakukan dengan mudah. Penyakit Asma merupakan suatu penyakit paru yang bersifat dapat ‘sembuh’ namun bisa kembali kambuh dalam keadaan tertentu, seperti apabila penderita  terpapar oleh faktor alergen , faktor emosi atau kelelahan fisik. Dan perlu anda ketahui, bahwa ternyata asma merupakan penyakit yang bisa disebabkan karena keturunan.

Faktor alergen  penyebab Asma Kambuh Kembali  seperti debu, atau polen asap rokok. Asma juga bias kambuh, karena Suhu yang ekstrem (terlalu dingin atau panas) dan hiperaktivitas bronkus yang disebabkan oleh infeksi pernafasan akut. Penyebab Asma Kambuh yang lain adalah Aktifitas fisik yang berlebihan dan stres emosi.

Berbagai pencegahan kambuh, khususnya bagi penderita asma bukan tidak mungkin dilakukan. Untuk mencegah kambuhnya penyakit asma, maka daya tahan/ kekebalan tubuh (imun) harus ditingkatkan. Artinya, pengidap asma harus memahami betul bahwa dirinya harus selalu menjaga daya tahan tubuh.

Mencegah Asma Kambuh Kembali  perlu dilakukan, tentu saja agar mempu meningkatkan kualitas peneritanya. Dan cara peling mudah, adalah dengan menjaga daya tubuh tetap baik dengan melakukan pola hidup sehat, istirahat cukup, pola makan sehat. Adaun olahraga yang aman untuk penderita Asma seperti berenang, lari-lari kecil ( jogging ringan) dan melakukan senam ringan. Olahraga yang paling baik bagi pasien asma adalah berenang karena dapat memperkuat otot-otot pernapasan.

Bagi anda penderita asma, tentu lebih baik apabila menghindari berbagai macam polusi seperti kendaraan bermotor ataupun asap rokok. Untuk mengatasinyaanda sebaiknya menggunakan masker saat bepergian, terutama saat berada di jalan raya. Akan lebih baik juga apabila anda juga melatih otot-otot pernafasan dengan rutin menghirup udara segar di pagi hari, dipegunungan atau di pantai.

Penderita Asma juga harus memperhatikan Faktor lingkungan agar tetap bias bertahan hidup lebih lama. Hindari menggunakan  tempat tidur, boneka, bantal dan guling yang terbuat dari kapuk, untuk menghindari tungau yang dapat memicu kambuhnya asma.

Ringkasan:
  • Penyakit Asma bisa diturunkan dari orang tua ke anak, sehingga apabila ada riwayat asma di keluarga,
  • Mencegah Asma Kambuh kemb ali ada dengan melakukan pola makan, pola tidur dan pola oleh raga yagn teratur.

Post a Comment for "Cara Mencegah Asma Kambuh Kembali"