Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Gangguan Tidur pada Bayi

Waktu Tidur Bayi
Gangguan Tidur pada Bayi tentu akan mengganggu jadwal tidur yang sebisa mungkin anda buat konsisten. Hal ini tentu mejadi tantangan, terutama apabila buah hati anda juga  suka bangun di tengah malam. Kesabaran orang tua tentu diuji pada masa-masa ini, dan tentu apabila waktu tidur Bayi minim bisa mengganggu pertumbuhannya.

Penyebab Gangguan Tidur pada Bayi tentu beragam, dan bisa diketahui dengan pengamatan setiap harinya. Dan pada kesempatan ini, Tips Kesehatan Keluarga Bunda akan menjelaskan beberapa hal yang mengganggu waktu tidur Bayi dan bagaimana mengatasinya, yang diantaranya adalah sebagai berikut:

Bayi Terlalu bersemangat  biasanya memiliki pola tidur yang kurang baik. Hal ini dikarenakan buah hati sulit mengontrol tubuh, bahkan bayi sering mengungkapkan emosi dengan menangis hingga memukul. Untuk mengatasi hal ini, anda sebagai orang tua harus peka terhadap tanda buah hari sudah mengantuk. Hal ini biasanya di tandai dengan bayi seperti mata merah, menggosok mata, kaki dan tangan yang kaku hingga menjadi sering mengamuk. Pada kondisi ini anda sebaiknya segera untuk menidurkan bayi.

Bayi jarang merasa lelah, sehingga merasa tidak butuh untuk tidur. Hal ini berkaitan dengan bertambahnya usia dan aktifitas bayi, sehingga pola tidurnya akan berubah-ubah. Sebagai contoh ketika buah hati anda berusia 8 bulan, biasanya akan tidur lebih malam karena tidur siangnya lebih banyak. Untuk mengatasi kondisi ini, anda perlu mengatur aktivitas fisiknya dengan lebih memperbanyak aktifitasnya di sore hari sehingga tidak terbangun tengah malam.

Orang tua tidak sadar mengubah rutinitas tidur bayi, seperti ketika dalam kondisi tertentu menidurkan bayi lebih cepat, sehingga buah hati terbangun di malam hari. Apabila buah hati anda mengalami hal ini, sebaiknya anda kembali mengembalikan pola tidur bayi yang lebih konsisten.

Gangguan Tidur pada Bayi selanjutnya adalah disebabkan karena tumbuh gigi. Hal ini dikarenakan bayi akan merasakan nyeri dan rasa tidak nyaman pada buah hati. Untuk mengatasinya anda bisa mencoba untuk membersihkan mulut bayi dengan jari, agar tidak ada bakteri yang menambah rasa nyeri sehingga mengganggu tidur bayi.

Buah hati sakit juga bisa menjadi Penyebab Gangguan Tidur pada Bayi seperti masalah perut, demam, flu atau penyakit yang lainnya. Penyakit ini juga akan membuat bayi kelelahan lebih mudah mengantuk. Untuk mengatasi hal ini, anda harus mengikuti tubuh bayi. Apabila perlu istirahat, biarkan buah hati anda untuk istirahat, namun tetap pastikan tidak dehidrasi, sehingga tidak mengganggu waktu tidur buah hati.

Ringkasan:
  • Penyebab Gangguan Tidur ada beberapa hal mulai dari karena perkembangannya, aktifitas atau gangguan kesehatan,
  • Aktifitas Bayi yang semakin aktif juga bisa menjadi Penyebab Gangguan Tidur di malam hari,

Post a Comment for "Penyebab Gangguan Tidur pada Bayi"