Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Endomestriosis Penyebab Wanita Sulit Hamil

Peyebab Wanita Sulit Hamil
Endometriosis atau bisa disebut Kista Coklat merupakan penyakit yang terdapat jaringan menyerupai endometrium di luar uterus (rahim) yang dapat memicu reaksi peradangan kronis. Penyakit ini merupakan penyakit progresif yang menyerang 5 – 10 % wanita produktif (25 – 30 tahun) dan lebih dari 30% dari mereka mengalami infertilitas sulit hamil.

Penyakit Endometriosis memang jarang ditemui pada gadis yang menjelang haid (premenarcheal), namaun dapat diidentifikasi pada minimal 50% gadis atau wanita muda berusia kurang dari 20 tahun yang mempunyai keluhan-keluhan seperti nyeri panggul dan dyspareunia (nyeri saat berhubungan).  Kasus Kista Coklat yang terjadi pada wanita berusia kurang dari 17 tahun biasanya berkaitan dengan anomali (kelainan) duktus mullerian dan gangguan servik atau v*g*na. Kurang dari 5% wanita postmenopause membutuhkan operasi endometriosis, dan kebanyakan wanita pada usia tersebut telah menerima terapi estrogen untuk penyembuhan.

Gejala Penyakit Eendometriosis seperti nyeri saat menstruasi, terutama sebelum aliran menstruasi muncul dan nyeri dirasa makin memberat tepat saat awal siklus menstruasi terjadi dan bertahan selam menstruasi berlangsung, bahkan bisa juga masih dirasakan saat setelah menstruasi berhenti. Penderita Kista Coklat juga sering mengalami pendarakan menstruasi yang lebih banyak, nyeri pada panggul di luar siklus mestruasi, sering merasa pusing, konstipasi, nyeri saat berhubungan, nyeri saat kencing. Namun memang beberapa kasus juga ditemukan Penyakit Eendometriosis tanpa gejala sedikitpun.

Penyakit Endometriosis atau Kista Coklat berhubungan dengan Penyebab Wanita Sulit Hamil, karena penyakit ini mengganggu fungsi dari tuba ovari, radang panggul, kualitas sel telur berkurang,  gangguan penempelan sel telur pada rahim dan mengganggu pergerakan sel telur saat melewati tuba.

Pengobatan Endometriosis atau Kista Coklat dilakukan sesuai dengan gejala, usia, dan tingkat kesuburan wanita. Pengobatan  rasa nyeri pada pasien endometriosis bisa dengan menggunakan obat untuk mengurangi rasa nyeri. Sedangkan untuk Endometriosis  pasien muda bisa menggunakan pil kontrasepsi oral hormon progestin, androgen, dan agonis gonadotropin-releasing hormon (GnRH). Pemberian Pil Kontrasepsi ini akan membantu pertumbuhan jaringan endometrium melambat, dan menjaga agar tidak terbentuk adhesi yang baru. Namun memang cara ini tidak bisa menghilangkan jaringan endometriosis yang sudah ada.

Untuk Mengobati Endometriosis atau Kista Coklat juga bisa dilakukan Operasi dan eksisi atau ablasi endometrial. Dan cara ini sebaiknya diambil dengan cara kistektomi agar resiko terjadinya kekambuhan menjadi berkurang. Terapi medis saja memang tidak bisa meningkatkan kesempatan untuk kehamilan. Namun untuk pembedahan bisa meningkatkan kesuburan, sehingga wanita akan lebih cepat hamil.

Ringkasan:
  • Endometriosis atau Kista Coklat banyak menyerang wanita 25 sampai 30 tahun
  • Penyakit Endomestriosis menjadi salah satu penyebab wanita sulit hamil karena,
  • Penderita Endomestriosis akan mengalami produksi sel telur menurun, mengganggu proses pembuahan dan pergerakan sel telur.

Post a Comment for "Mengenal Endomestriosis Penyebab Wanita Sulit Hamil"