Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Gatal pada Organ Genital Wanita

Organ Genital Wanita
Gatal pada Organ Genital Wanita memang sering terjadi dan tentu membuat rasa tidak nyaman untuk beraktifitas. Selain lebih sulit dan tentu tidak etis untuk digaruk, anda harus lebih berhati-hati mengobati rasa gatal area yang sensitif ini. Penyebab Gatal pada Organ Genital Wanita bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti bahan pakaian dalam atau karena disebabkan oleh infeksi.

Pada artikel ini, Tips Kesehatan Keluarga Bunda akan memberikan pengetahuan apa saja yang menjadi Penyebab Gatal pada Organ Genital Wanita yang paling sering, yang diantaranya adalah:

Gatal pada Organ Genital Wanita disebabkan karena Bakteri vaginosis (BV), yang dipicu oleh ketidakseimbangan bakteri dan PH pada V*g*na. Rasa gatal yang disebabkan karena BV mirip dengan infeksi jamur, namun cairan yang dihasilkan lebih encer dan berbau. Apabila anda mengalami gejala ini, sebaikny segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat obat yang tepat.

Gatal pada Organ Genital Wanita yang disebabkan karena Infeksi jamur, dipicu karena tingkat keasaman V*g*na yang terganggu. Infeksi Jamur pada V*g*na  bisa muncul karena stres, penggunaan antibiotik, hubungan s*ksu*l, atau penderita diabetes.  Selain rasa gatal, Infeksi jamur pada V*g*na juga akan menyebabkan keluarnya cairan yang kental berwarna keputihan. Mencegah infeksi berulang pada V*g*na, bisa dilakukan dengan mengkonsumsi obat antibiotik sesuai anjuran dokter.

Iritasi kulit atau Dermatitis kontak yang disebabkan oleh alergi produk tertentu, seperti parfum, bercukur, lubrikan, dan juga penggunaan kondom juga bisa menjadi penyebab Gatal pada Organ Genital Wanita. Adapun gejala yang muncul adalah kulit menjadi bengkak, kemerahan, dan terasa tebal.

Gatal pada Organ Genital Wanita disebabkan karena masalah kulit seperti eksim atau psoriasis. Hal ini ditandai dengan kulit genital gatal dan kemerahan. Gangguan kesehatan ini bisa diatasi dnegan menggunakan produk salep steroid yang ringan untuk meredakan rasa gatal dan tentu penggunaannya harus sesuai petunjuk dokter.

Berbagai jenis Infeksi Menular Seksual (IMS) juga bisa menjadi Penyebab Gatal pada Organ Genital Wanita. Adapun IMS yang sering terjadi adalah herpes, gonorhea, chlamydia, dan kutu pubis. Rasa gatal yang disebabkan karena gangguan kesehatan ini bisa berkembang menjadi rasa sakit seperti terbakar. Dan untuk pengobatannnya sebaiknya dilakukan pemeriksaan terlebih oleh dokter.

Gatal pada Organ Genital Wanita juga bisa disebabkan karena adanya Perubahan Hormon yang bisa terjadi kapan saja, terutama saat menjelang haid, hamil, menopause, atau saat menggunakan alat kontrasepsi berbasis hormonal.

Ringkasan:
  • Penyebab Gatal pada Organ Genital Wanita bisa disebabkan oleh bakteri, infeksi, iritasi kulit, IMS atau Perubahan Hormon,
  • Perubahan Hormon pada Wanita yang memicu Gatal pada V*g*na seperti akan menstruasi, saat hamil, praMenopause atau penggunaan alat kontrasepsi,
  • Penyebab Gatal pada Organ Genital Wanita sebaiknya diobati dengan melakukan pemeriksaan oleh dokter.

Post a Comment for "Penyebab Gatal pada Organ Genital Wanita"