Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Kesehatan Ibu Janin
Memenuhi Gizi Ibu Hamil sebelum dan selama hamil akan mempengaruhi pertumbuhan janin di dalam kandungan dan berdampak pada pertumbuhan setelah dilahirkan. Kondisi ini tentu harus menjadi perhatian, mengingat sebagian besar Ibu Hamil di Indonesia masih tidak bisa mencukupkan kebutuhan gizi seperti diatas. Bahkan berdasarkan data WHO, 585.000 ibu hamil meninggal pertahun.

Masalah kesehatan dan gizi Ibu Hamil yang umum terjadi saat ini  adalah anemia gizi besi. Gangguan Kesehatan Ibu Hamil ini terjadi karena Zat Gizi yang Dibutuhkan Ibu Hamil seperti Sumber Tenaga (Karbohidrat), Protein, Vitamin dan Mineral tidak terpenuhi secara seimbang. Memenuhi Gizi Ibu Hamil sebenarnya tidak sulit dan tidak perlu mahal, karena tentu makanan bergizi lebih beragam dan tidak terpaku pada harga yang mahal.

Adapun dampak dari Masalah Kesehatan dan Gizi Terhadap Kualitas Kehamilan dan Kelahiran adalah KEK dan Anemia. Gangguan Kesehatan Ibu Hamil ini memicu terjadinya Kelahiran bayi dengan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR), resiko kesakitan lebih besar terutama pada trisemester 3 dan Resiko Ibu Hamil meninggal 5 kali lebih besar dan 6 kali lebih besar apabila Ibu Hamil juga mengalami infeksi.

Bagi Bunda yang saat ini sedang Hamil atau merencanakan kehamilan sebaiknya mengetahui bagaimana menjalani kehamilan dan persalinan, yang diantarnya adalah sebagai berikut:
  • Wanita usia subur mempunyai akses terhadap pencegahan kehamilan yang tidak diinginkan dan penanganan resiko komplikasi keguguran.
  • Setiap komplikasi obstetric dan neonatal mendapat pelayanan yang memadai dari petugas medis.
  • Setiap persalinan harus di tolong oleh tenaga terlatih, baik itu bidan ataupun dokter tidak dengan dukun.
Ringkasan:
  • Gangguan Kesehatan Ibu Hamil yang paling sering terjadi adalah mengalami anemia gizi besi,
  • Anemia gizi menyebabkan perkembangan janin tidak maksimal bahkan memicu kelahiran prematur,
  • Tips Memenuhi Gizi Ibu Hamil agar kondisi ibu hamil dan janin tetap sehat, adalah mencukupkan konsumsi makanan secara seimbang.

Post a Comment for "Tips Kesehatan Ibu Hamil dan Janin"