Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tujuh Penyebab Menstruasi tidak Teratur

Penyebab Menstruasi
Siklus Menstruasi Wanita setiap bulan yang teratur adalah dalam batasan 21-40 hari. Sehingga apabila periode haid anda tidak teratur atau bahkan berhenti sama sekali, sebaiknya anda waspada dan bertanya apa yang menjadi Penyebab Menstruasi tidak Teratur terjadi pada anda. Hal ini tentu akan berkaitan dengan kesehatan tubuh anda atau bagaimana anda merencanakan kehamilan yang diinginkan.

Alyssa Dweck, M.D. selaku Dokter kebidanan dan kandungan, dan sekaligus penulis buku V is for V*gina, menjelaskan beberapa Penyebab Menstruasi tidak Teratur atau bahkan berakhir, yang diantaranya adalah sebagai berikut:

Kehilangan Berat Badan dengan IMB dibawah 18 atau Latihan berlebihan bisa menjadi penyebab periode  menstruasi tidak teratur. Hal ini juga dapat berpengaruh apabila anda mengalami gangguan makan yang serius seperti anoreksia dan bulimia.

Tingkat Stres yang tinggi juga bias menjadi penyebab anda mengalami haid tidak teratur. Gangguan ini biasanya disebabkan karena peristiwa yang menakutkan dan membuat Anda tertekan seperti peristiwa kematian dalam keluarga, perpisahan dapat menyebabkan gangguan di hipotalamus. Tubuh mempunyai cara sendiri untuk mengurangi kemungkinan untuk hamil disaat anda mengalami tekanan yang ekstrim. Karena pada saat itu tubuh mencegah untuk ovulasi dengan cara menurunkan produksi estrogen sehingga lapisan rahim tidak menebal di saat periode ovulasi. Kondisi ini akan memicu siklus menstruasi anda terganggu atau bahkan terhenti.

Kelenjar Tiroid yang berada di bagian leher sebagai sistem untuk mengatur metabolisme tidak seimbang menyebabkan terganggunya siklus menstruasi. Namun kondisi ini bisa diatasi oleh dokter. Sehingga apabila anda mengalami gangguan siklus menstruasi sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter.

Gejala Ovarium Polikistik atau PCOS, merupakan ketidakseimbangan hormon yang menjadi penyebab kurangnya ovulasi, sehingga kadar estrogen, progesteron dan testosteron menjadi tidak seimbang atau berubah. Adapun gejala fisik dari PCOS adalah pertumbuhan rambut di tempat-tempat yang tidak wajar untuk wanita seperti wajah dan dada, suli menurunkan berat badan, dan siklus menstruasi tidak teratur.

Penyakit Kronis Seperti Celiac yang mengacu pada kondisi intoleransi gluten bisa mengganggu sistem kerja tubuh dan dapat menjadi Penyebab Menstruasi tidak Teratur. Dan untuk mengetahui apakah Anda menderita intoleransi gluten atau tidak, hanya bisa dengan melakukan pemeriksaan oleh dokter.

Penggunaan Alat kontrasepsi hormonal (seperti Pil KB, IUD hormonal, implan, atau suntikan) bisa menyebabkan efek samping termasuk siklus menstruasi terganggu. Dan biasanya akan kembali normal saat anda berhenti menggunakan alat kontrasepsi tersebut.

Menopause dini, bisa terjadi pada wanita di usia di bawah 40 tahun. Hal ini terjadi karena penurunan kadar hormon kewanitaan secara signifikan, sehingga memicu kegagalan ovarium prematur. Adapun tenda-tanda menopause dini seperti hot flashes, berkeringat di waktu malam, dan v*gina menjadi kering.

Ringkasan:
  • Siklus Menstruasi teratur terjadi dalam batasan 21-40 hari, dengan kemungkinan masa subur di hari ke 14-17 setelah haid pertama,
  • Siklus Menstruasi tidak teratur akan menjadi salah satu penyebab wanita sulit hamil,
  • Beberapa Penyebab Menstruasi tidak Teratur adalah Kehilangan Berat Badan, Stres, Gangguan Kelenjar Tiroid, PCOS, Penyakit Kronis, Alat kontrasepsi dan Menopause dini.

Post a Comment for "Tujuh Penyebab Menstruasi tidak Teratur"