Cara Menjaga dan Merawat Kesehatan Kulit Bayi

Merawat Kulit Bayi
Kesehatan Kulit Bayi perlu dijaga dan dirawat, karena tentu kondisinya masih sangat sensitive. Tahun pertama dari kehidupan bayi merupakan awal yang sangat penting dan bermakna. Dan pada masa ini, kendala yang dihadapi ibu dalam merawat bayinya juga beragam, termasuk diantaranya mengenai kondisi kesehatan kulit bayi.

Kulit bayi 30 persen lebih tipis dan lebih rentan dibandingkan dengan kulit orang dewasa. Perawatan kulit bayi harus tepat dan tidak sembarangan agar kulit bayi senantiasa sehat, adapun beberapa hal yang bisa Bunda lakukan untuk menjaga kulit bayi tetap sehat, adalah:
  • Menjaga kulit bayi agar tetap lembab,
  • Hindari kontak dengan sabun mandi atau detergen yang keras, atau dengan kata lain Bunda harus menggunakan sabun dan sampo khusu untuk bayi,
  • Hindari kontak dengan bahan yang dapat menyebabkan iritasi atau alergi, anda bisa mengetahuinya seiring perjalanan waktu dengan cara pengamatan,
  • Hindarkan paparan sinar matahari secara langsung.
Adapun beberapa permasalahan kulit yang sering dialami oleh bayi adalah sebagai berikut:

Iritasi adalah gangguan kesehatan kulit, yang disebabkan karena kulit bayi yang sensitif terpapar bahan-bahan kimia baik dari pakaian bayi, pewangi pakaian, kain ataupun popok yang digunakan. Untuk mengetahui produk apa saja yang tidak cocok dengan buah hati bunda, adalah dengan mengamati produk yang digunakan, apabila menyebabkan warna merah dan gatal, sebaiknya gunakan produk lain.

Infeksi jamur ditandai dengan munculnya bintik-bintik merah atau ruam di lipatan leher dan di selangkangan bayi. Infeksi jamur disebabkan oleh kondisi kulit bayi yang kurang bersih sehingga memicu tumbuhnya jamur penyebab infeksi. Untuk mencegah gangguan kesehatan kulit ini adalah dengan menjaga kebersihan kulit, terutama pada bagian-bagian lipatan dan jangan lupa untuk menjaganya tetap kering. Pengobatan infeksi jamur bisa dengan salep khusus yang digunakan untuk bayi sesuai anjuran dokter.

Dermatitis Atopic (Eksimanak), adalah gangguan kesehatan kulit dengan gejala munculnya bintik- bintik putih pada wajah bayi. Kondisi ini disebabkan karena Kulit Bayi bereaksi berlebihan terhadap lingkungan, atau sebagian besar ini terjadi karena faktor keturunan. Untuk mencegah gangguan kesehatan kulit ini Bunda harus menghindari penggunaan wewangian, body lotion, sabun dan bedak. Mandikan Buah Hait dengan air biasa tanpa antiseptik. Dan apabila Eksimanak tidak berkurang segera periksa ke dokter.

Alergi bisa disebabkan oleh banyak hal, dan ditandai dengan Kulit bayi berwarna kemerahan dan gatal. Penyebab Alergi bisa karena perubahan cuaca, debu, alergi makanan, bulu atau bisa juga disebabkan oleh serangga. Mengetahui penyebab alergi memang cukup sulit, karena Bunda harus mengingat apa saja yang dilakukan bayi. Dan setelah mengetahuinya anda harus menghindarkan dari penyebab alergi tersebut. Apabila gejala alergi tidak juga berkurang, segera lakukan pemeriksaan ke dokter terdekat.

Gangguan Kesehatan Kulit Bayi memang sering dialami oleh buah hari dan seringkali membuat ibu panik. Namun dengan penanganan yang tepat, hal itu tentu akan lebih mudah diatasi.

Ringkasan:
  • Kulit Bayi 30% lebih tipis dan lebih rentan alergi dibandingkan dengan kulit orang dewasa,
  • Gangguan Kesehatan Kulit Bayi yang sering terjadi adalah Iritasi, Infeksi jamur, Dermatitis Atopic dan Alergi,
  • Merawat Kesehatan Kulit Bayi bisa dilakukan dengan menjaga kelembaban, kebersihan dan menjaga tetap kering terutama pada lekukan.

Related Posts :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger