Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam Gangguan Jiwa yang sering terjadi di Masyarakat


Gambar Macam Ganguan Jiwa
Macam Ganguan Jiwa dibedakan berdasarkan keluhan dan dan penyebabnya. Gangguan Jiwa tidak bisa langsung divonis bahwa orang tersebut Gila. Namun Gangguan jiwa merupakan kondisi seseorang mengalami gejala klinis berupa pola psikologik dan sindroma pola perilaku yang sangat berkaitan dengan adanya rasa nyeri, rasa tidak nyaman dan tidak tentram dalam kehidupannya.

Tingkat stres berlebihan yang sangat mengganggu fisik dan psikis seseorang merupakan faktor utama penyebab terjadinya gangguan jiwa. Adapun beberapa macam gangguan jiwa yang sering terjadi pada masyarakat adalah sebagai berikut:

Gangguan Jiwa karena Rasa Cemas

Pasien gangguan jiwa jenis ini biasanya mengalami ketakutan yang berlebih, baik itu ketakutan terhadap kematian, gila, takut sakit dan ketakutan yang  lainnya. Gangguan Jiwa ini berhubungan dengan sistem otak dan otonom seperti sesak napas, jantung berdebar, buang-buang air jika stres, rasa ingin muntah, bibir kering, keluar keringat dingin dan perasaan seperti melayang. Pengalaman klinis juga mengatakan bahwa Pasien dengan Gangguan Jiwa ini lebih sering merasakan keluhan fisik daripada keluhan perasaan yang dialaminya.

Pasien Gangguan Jiwa Karena  Depresi

Pasien Gangguan Jiwa Jenis ini biasanya mengeluh ingin mati, merasa tidak berdaya, tidak bergairah dalam hidup dan merasa bahwa kehidupannya hampa atau berdasarkan istilah medisnya adalah mixed anxiety depression. Pasien Depresi juga mengeluh masalah kondisi fisik yang lesu dan letih berlebihan serta mengalami gangguan fisik. Pada beberapa Pasien yang mengalami depresi juga mengalami ciri psikotik.

Pasien Gangguan Jiwa Psikotik

Pasien psikotik ditandai dengan keluhan halusinasi dan waham yang jelas. Hal ini dikarenakan adanya gangguan persepsi baik auditorik maupun visual yang disebabkan adanya gangguan di otak. Pasien Psikotik biasanya juga mendengar suara atau melihat sesuatu yang tidak dilihat oleh orang lain.

Waham adalah sebuah keyakinan yang salah mengenai sesuatu hal, namun pasien tetap mempertahankannya, walaupun sudah diberikan bukti-bukti yang mendukung bahwa mengenai kesalahan apa yang telah diyakininya. Gangguan Jiwa yang sering terjadi misalnya. waham paranoid. Pasien merasa ada orang yang akan berbuat jahat kepada dirinya. Sehingga dia merasa terancam dan harus mempertahan diri, meski sudah diberikan bukti yang mengatakan lain.

Dari penjelasan diatas, semoga bisa membantu dalam mendiagnosa gejala awal Macam Ganguan Jiwa pada orang-orang disekitar, atau bahkan gejala-gejala tersebut bisa saja terjadi pada diri anda. Untuk lebih menyakinkan diagnosa dan pengobatan tentu harus dilakukan oleh dokter yang terpercaya.

Ringkasan:
  • Macam Ganguan Jiwa dibedakan berdasarkan gejala dan penyebab yang dialami pasien,
  • Beberapa gangguan jiwa bisa saja mengancam keselamatan pasien atau orang-orang disekitarnya.

Post a Comment for "Macam Gangguan Jiwa yang sering terjadi di Masyarakat"