Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh di Awal Musim Hujan

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh
Menjaga Daya Tahan Tubuh saat mulai musim hujan seperti bulan November ini perlu dilakukan, agar terhindar dari penyakit yang mengganggu aktivitas harian seluruh keluarga. Awan gelap disertai hembusan angin dingin bersiap menggantikan cuaca kering dan panas, menjadi lebih lembab dan basah, sehingga sering menurunkan daya tahan tubuh.

Memang perubahan cuaca yang cukup ekstrem akan berpengaruh system imunitas. Namun perlu anda ketahui, bahwa besarnya pengaruh antara satu orang dengan orang yang lain tidak sama, bergantung status kesehatan seseorang pada saat itu.

Kondisi Kesehatan yang baik, tentu akan mampu mencegah efek buruk datangnya musim hujan. Dan sebaliknya, apabila kondisi kesehatan buruk maka akan menurunkan daya tahan sehingga tubuh, sehingga akan lebih mudah sakit. Meningkatkan daya tahan tubuh, tidak bisa dilakukan seketika itu juga, namuan perlu dipelihara dan ditingkatkan dengan pola hidup sehat.

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh

Adapun pola hidup sehat yang telah menjadi rutinitas, seperti konsumsi nutrisi, jam kerja, istirahat, dan olahraga yang telah dilakukan sebelumnya, akan menentukan kualitas daya tahan tubuh di saat awal musim hujan seperti sekarang ini. Namun tentu konsumsi suplemen tidak boleh berlebihan. Karena konsumsi suplemen berlebihan, tidak memperbaiki daya tahan tubuh, namun akan membahayakan tubuh.

Sebagai contoh, kebutuhan vitamin C dalam dalam waktu satu hari hanya sekitar 50-70 miligram. Apabila dikonsumsi berlebihan, akan memicu sakit perut, gangguan pencernaan bahkan menyebabkan penyakit maag.

Meningkatkan porsi konsumsi buah dan sayuran sudah cukup sebagai sumber vitamin, mineral dan anti oksidan selama musim hujan. Namun tentu konsumsi makanan lain harus mengandung protein, lemak (dari ikan, daging putih, tahu, tempe dan kacang-kacangan), dan karbohidrat yang sesuai kebutuhan tubuh.

Aktivitas olahraga yang dahulu rutin, jangan sampai terhenti karena hujan. Apabila dahulu anda melakukan sepakbola secera rutin, bisa menggantinya dengan sepak bola di dalam ruangan (footsal. Aktifitas visik juga bisa dilakukan di rumah saat di rumah. Perhatikan juga Jam istirahat yang cukup, agar tubuh beregenerasi dan membentuk sel baru.

Ringkasan:
  • Menjaga Daya Tahan Tubuh saat pergantian musim hujan, bisa dengan menjaga rutinitas olahraga dan makanan bergizi,
  • Konsumsi Suplemen vitamin yang berlebihan, tidak akan membantu anda menjaga daya tahan tubuh.

Post a Comment for "Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh di Awal Musim Hujan"